Repository Universitas Andalas

PEMBUATAN ANTENA PARABOLIC MICROSTRIP PATCH UNTUK PENERIMA SINYAL JARINGAN WIRWLESS LAN 2,4 GHz

YZ, Surya Dinata (2008) PEMBUATAN ANTENA PARABOLIC MICROSTRIP PATCH UNTUK PENERIMA SINYAL JARINGAN WIRWLESS LAN 2,4 GHz. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PEMBUATAN ANTENA PARABOLIC MICROSTRIP PATCH UNTUK PENERIMA SINYAL JARINGAN WIRWLESS LAN 2,4 GHz) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (343Kb) | Preview

Abstract

Teknologi wireless ini semakin berkembang dan banyak digunakan oleh masyarakot karena harganya yang terjangkau tanpa harus mengeluarkan biaya untuk penarikan kabel. Untuk meningkatkan jarak jangkauan dari penerimaan sinyal pada wireless LAN diperlukan antena eksternal yang dengan gain yang lebih tinggi dari antena standar. Antena Porabolic Microstrip Patch merupakan antena directional wireless. Fungsi antena ini adalah sebagai peralatan komuniknsi pada sisi client (CPE: Costumer Primise Equipment)/ antena penerima sinyal W-LAN yang menggontilmn anteno standar yang terdapat pada PCI Card (monopole). Antena ini diarahkan ke Acesess Point (AP) dan menghasilkan penguatan pancaran yang lebih fokus. Proses pengukurannya dilakukan dalam tiga tahap. Pertama dilakukan dalam ruangan, kedua dilakukan di luar ruangan, dan yang ketiga dilakukan terhadap Acces Point Telkom Politeknik Negri Padang. Pengukuran di dalam dan di luar dilakukan pada jarak 10 meter. Pengukuran ini bertujuan untuk membandingkan level sinyal daya terima antena Parabolic Microstrip Patch dengan antenna standar yang terdapat pada PCI Wireless Card. Hasil penguhtran diperoleh dengan penerimaan dgya tertinggi sebesar - 36 dBm dan daya terendah -48 dBm, sedangkan beamwidthnya sebesar 22'. Antena Parabolic Microstrip Patch memiliki gain sebesar 13,99 dB.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:56
Last Modified: 12 Oct 2011 03:13
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11181

Actions (login required)

View Item View Item