Repository Universitas Andalas

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANTENA MIKROSTRIP BOWTIE 2,4 GHz UNTUK PENERIMA SINYAL WIRELESS LAN

KURNIATI, ELSI (2008) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANTENA MIKROSTRIP BOWTIE 2,4 GHz UNTUK PENERIMA SINYAL WIRELESS LAN. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANTENA MIKROSTRIP BOWTIE 2,4 GHz UNTUK PENERIMA SINYAL WIRELESS LAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (303Kb) | Preview

Abstract

Antena secara umum merupakan suatu perangkat yang bisa memancarkan dan menerima gelombang elektromagnetik. Antena juga dapat didefenisikan sebagai tranduser, dimana pada pemancar antena berfungsi merubah gelombang listrik menjadi elektromagnetik untuk dipancarkan, sedangkan padi penerimi antena berfungsi merubah gelombang elektromagnetik menjadi gelombang listrik. Teknologi wireless saat ini semakin berkembang dan banyak digunakan oleh masyarakat karena harganya yang terjangkau tanpa harus memerlukan biaya untuk penarikan kabel. untuk meningkatkan jarak jangkauan dad penerimaan sinyal pada wireless LAN diperlukan antena eksternal yang memiliki gain yang lebih tinggi dari antena standar. Pada tugas akhir ini, antena yang dibuat adalah Antena Mikrostrip Bowtie yang merupakan antena directional wireless. Fungsi antena ini adalah sebagai antena penerima sinyal wireless pada sisi penerima (client) yang menggantikan antena minidipole yang terdapat pada PCI Card. Antena ini diarahkan ke Access Point (AP) dan menghasilkan penguatan yang lebih baik dibandingkan dengan antena referensi yaitr -42d8. Didalam perancangan dan pembuatan antena Mikrostrip Bowtie pada tugas akhir ini, software yang digunakan adalah TX Line yang berfungsi untuk menfukan ukuran line mikrostrip pada antena Mikrostrip Bowtie.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:56
Last Modified: 04 Oct 2011 08:56
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11190

Actions (login required)

View Item View Item