Repository Universitas Andalas

RENCANA PELAKSANAAN PENINGKATAN JALAN LUNANG - BATAS BENGKULU KABUPATEN PESISIR SELATAN (STA 247+625 - STA 251+500)

Yulianto, Gusdi and Kurniawan, Wheri (2008) RENCANA PELAKSANAAN PENINGKATAN JALAN LUNANG - BATAS BENGKULU KABUPATEN PESISIR SELATAN (STA 247+625 - STA 251+500). Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (RENCANA PELAKSANAAN PENINGKATAN JALAN LUNANG - BATAS BENGKULU KABUPATEN PESISIR SELATAN (STA 247+625 - STA 251+500)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (392Kb) | Preview

Abstract

Jalan raya merupakan prasarana transportasi darat yang berperan penting dalam sektor perhubungan terutama untuk kesinambungan distribusi barang dan jasa. Jalan raya juga sangat diperlukan masyarakat untuk menunjang laju pertumbuhan disegala bidang pada suatu wilayah. "Rencana Pelaksanaan Peningkatan Jalan Lunang - Batas Bengkulu" dengan panjang efektif = 3,875 km, lebar perkerasan dari 4,5 m menjadi 6 m (Widening = 1,5 m), tebal lapis perkerasan AC-WC = 4 cm, AC-BC = 5 cm, lapis agregat kelas A = 25 cm,lapis agregat kelas B = 30 cm, dan lapis Selected Embankmen = 35 cm. Rencana Anggaran Biaya Pelaksanaan proyek yang diperoleh yaitu = Rp 6.484.726.664,37 dan umur proyek yaitu : 21 minggu. Dalam menentukan waktu pelaksanaan proyek dipakai yaitu metoda Net Work Planning (NWP). Diantara metode pelaksanaan dan pengendalian mutu khusus pada pekerjaan lapis permukaan Asphalt Concrete (AC -VC dan AC-BC) dilapangan yaitu : meminta persetujuan pengawas, pengangkutan hot mix (suhu 135-150 'C) dengan Dump Truck yang ditutup terpal, penghamparan dengan Asphalt Finisher (suhu 120-150 'C), pemadatan 1 dengan Tandem Roller (suhu 110-120 'C), pemadatan 2 dengan Pneumatic Tire Roller (suhu 95- 110 'C) , dan pemadatan akhir dengan Tandem Roller (suhu 80-95 'C). Pada tinjauan khusus (menghitung tebal perkerasan) dengan data yang ada, diantaranya yaitu : umur rencana 10 tahun, pertumbuhan lalu lintas 7,5%, jalan Arteri yang terdiri dari 2 jalur 2 arah. Untuk perhitungan tebal perkerasan lentur didapat tebal laston = 7,5 cm,lapis pondasi atas = 20 cm, dan lapis pondasi bawah 25 cm. Sedangkan untuk perhitungan tebal perkerasan kaku didapat tebal slab beton = 19 cm dengan tulangan arah memanjang yang dipakai adalah = O 12 - 35 cm (As' = 3,23 cm^2) dan tulangan arah melintang yang dipakai adalah = O 12 - 4O cm (As' = 2,83 cm^2).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:55
Last Modified: 12 Oct 2011 04:07
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11196

Actions (login required)

View Item View Item