Repository Universitas Andalas

PeranAn PT Bank Perkreditan Rakyat Syariah Ampek Angkek Candung dalam Menunjang Perekonomian Masyarakat Pedesaan Di Kecamatan IV Angkat Candung Kabupaten Agam.

LIZA, OYONG (2008) PeranAn PT Bank Perkreditan Rakyat Syariah Ampek Angkek Candung dalam Menunjang Perekonomian Masyarakat Pedesaan Di Kecamatan IV Angkat Candung Kabupaten Agam. Other thesis, Fakultas Hukum..

[img]
Preview
PDF (PeranAn PT Bank Perkreditan Rakyat Syariah Ampek Angkek Candung dalam Menunjang Perekonomian Masyarakat Pedesaan Di Kecamatan IV Angkat Candung Kabupaten Agam.) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (307Kb) | Preview

Abstract

PT BPR Syariah Ampek Angkek Candung merupakan salah satu Bank yang ikut berperan dalam menunjang perekonomian masyarakat pedesaan di Kecamatan IV Angkat Candung dengan melaksanakan fungsinya sebagai penghimpun dana masyarakat melalui simpanan dalam bentuk tabungan dan deposito serta memberikan kredit dalam bentuk pembiayaan Mudharabah, Musyarakah, Murabahah, Bai Bitsaman Ajil dan Al Qardhul Hasan. Adapun permasalahan yang penulis angkat dalam skripsi ini adaiah : Apa sajakah peranan BPR Syariah dalam menunjang perekonomian masyarakat pedesaan, bagaimanakan prosedur yang harus dipenuhi pemohon untuk mendapatkan pembiayaan bagi hasil pada BPR Syariah ini serta permasalahan apakah yarlg dihadapi pihak BPR Syariah dalam mervujudkan peranannnya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan di Kecamatan IV Angkat Candung Kabupaten Agam. Penelitian yang penulis lakukan bersifat yuridis sosiologis dengan alat pengumpulan data wawancara tipe semi terstruktur sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunalian adalah purposive sampling. Dalam menunjang perekonomian masyarakat pedesaan BPR Syariah melakukan beberapa peran dalam bentuk : 1. Membantu masyarakat golongan ekonomi lemah melalui pembiayaan Al Qardhul Hasan, 2. Menciptakan dan memperluas lapangan kerja secara langsung dengan merespon tenaga kerja menjadi karyawan pada Bank Syariah dan secara tidak langsung dengan memberikan pembiayaan kepada nasabatr yang akan mengembangkan usahanya yang berdampak terciptanya lapangan kerja bagi para pencari lapangan kerja, 3. Menarik minat masyaraliat untuk menabung dan beramal melalui sejenis tabungan yang diberi nama Tabungan Keluarga Amal Shaleh, 4. Meningkatkan hasil produksi dan perdagangan masyarakat dengan memberikan pembiayaan sebagai modal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 19 Apr 2011 02:03
Last Modified: 05 Oct 2011 03:28
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11226

Actions (login required)

View Item View Item