Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN PERJANJIAN PENGANGKUTAN AQUA MELALUI DARAT ANTARA PT. TINA DIMANS RAYA SUMBAR DENGAN PT TUNAS SUBUR AGUNG SUMBAR.

JARIAH. , AINNUN (2008) PELAKSANAAN PERJANJIAN PENGANGKUTAN AQUA MELALUI DARAT ANTARA PT. TINA DIMANS RAYA SUMBAR DENGAN PT TUNAS SUBUR AGUNG SUMBAR. Other thesis, Fakultas Hukum..

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PERJANJIAN PENGANGKUTAN AQUA MELALUI DARAT ANTARA PT. TINA DIMANS RAYA SUMBAR DENGAN PT TUNAS SUBUR AGUNG SUMBAR. ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (328Kb) | Preview

Abstract

Dalam era globalisasi dan pembangunan dewasa ini, sarana pengangkutan mempunyai peranan yang sangat penting sekali. Pengangkutan tersebut bertujuan untuk memindahkan barang dari suatu tempat ke tempat tujuan tertentu dengan selamat, dengan maksud untuk meningkatkan daya guna dan efisiensi. Dalam pelaksanaan pengangkutan tersebut terkadang timbul suatu keadaan yang dapat mengancam keselamatan barang dan atau orang, untuk itu pihak pemakai jasa pengangkutan itu diharuskan mengadakan suatu perjanjian dengan pihak pengangkut, guna adanya saling keterikatan kedua belah pihak untuk melakukan prestasinya masing-masing dan sebagai syarat untuk minta tanggung jawab bila terjadi sesuatu yang menimbulkan kerugian bagi pemberi jasa angkutan tersebut. Sesuai dengan judul skripsi ini yaitu : "Pelaksanaan Perjanjian Pengangkutan Aqua Melalui Darat Antara PT. Tina Dimans Raya Sumbar dengan PT. Tunas Subur Agung Sumbar ". Dalam penulisan ini permasalahan yang dapat ditemui adalah bagaimana bentuk dan sifat perjanjian pengangkutan, apakah hak dan kewajiban masing- masing pihak yang terlibat, bagaimana tanggung jawab pengangkut bila terjadi resiko, bagaimana cara pembayaran yang dilakukan dan bagaimana pula prosedur tuntutan ganti rugi bila terjadi wanprestasi dan overmacht oleh pengangkut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum yang bersifat yuridis sosiologis sedangkan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder serta metode pengumpulan datanya yaitu studi dokumen dan wawancara. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, diketahui bahwa dalam pelaksanaan perjanjian pengangkutan Aqua melalui darat antara pihak PT. TDR dengan pihak PT. TSA ini, bentuk perjanjiannya adalah tertulis dan bersifat campuran, para pihak harus memenuhi segala hak dan kewajiban masing- masing, resiko dalam pelaksanaan pengangkutan akan ditanggung oleh pihak pengangkut, cara pembayaran dilakukan ditempat pengirim, dan prosedur tuntutan wanprestasi atau overmacht yang dilakukan oleh pengangkut dilakukan secara musyawarah dan mufakat. Akhirnya penulis berkesimpulan, bahwa perjanjian pengangkutan aqua melalui darat antara PT. TDR dengan PT. TSA adalah perjanjian timbal balik yang dibuat atas kesepakatan kedua belah pihak. Selanjutnya penulis menyarankan agar perjanjian yang dibuat oleh kedua pe0lsahaan ini agar dimasa mendatang untuk dibuat dihadapan notaris supaya lebih memberikan kekuatan hukum bagi kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 18 Apr 2011 12:44
Last Modified: 04 Oct 2011 03:54
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11230

Actions (login required)

View Item View Item