Repository Universitas Andalas

Identifikasi Kegiatan Politik Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sumatera Barat Di Era Reformasi

Ikhwan, Dian (2008) Identifikasi Kegiatan Politik Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sumatera Barat Di Era Reformasi. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Identifikasi Kegiatan Politik Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sumatera Barat Di Era Reformasi) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (460Kb) | Preview

Abstract

Studi mengenai organisasi pemuda terutama khususnya KNPI adalah sebuah studi yang menarik karena KNPI adalah wadah berkumpul semua potensi-potensi pemuda khususnya potensi politik. KNPI adalah berkumpul pemuda-pemuda yang mempunyai berbagai latar belakang sosial yang melakukan kegiatan-kegiatan sesuai dengan amanat organisasi KNPI. Skripsi ini berjudul "Identifikasi Kegiatan Politik Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Di Era Reformasi". Ada beberapa persoalan yang ada tulisan ini. Pertama, Apa saja bentuk kegiatan politik yang dilakukan DPD KNPI Sumbar periode kepengurusan 2004- 2007. Kedua, Bagaimana DPD KNPI Sumbar periode 2004-2007 melaksanakan prinsip keterbukaan dan independensi organisasinya dalam kegiatan-kegiatan politiknya. Untuk menjelaskan persoalan ini secara baik peneliti menggunakan Teori Organisasi yang akan menjelaskan KNPI sebagai sebuah organisasi yang terkait dengan prinsip keterbukaan organisasi, Teori Kelompok Kepentingan yang akan menjelaskan KNPI sebagai sebuah kelompok kepentingan yang memiliki kepentingan politik dalam rangka partisipasi politik pemuda dan tinjauan umum tentang kegiatan politik yang menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan politik yang KNPI lakukan selama kepengurusan periode 2004-2007. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Penulisan penelitian ini dilakukan dengan cara : Pertama, mengumpulkan data wawancara dengan informan dengan menggunakan metode purposive sampling dan juga melalui studi dokumentasi. Kedua, analisis data melalui triangulasi sumber data. Terakhir, menghasilkan sebuah karya ilmiah dengan menggunakan acuan teknik penulisan ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa dari segi kegiatan, DPD KNPI Sumbar melakukan berbagai kegiatan politik yang meliputi mengajukan usulan kebijakan umum, Mengajukan alternatif kebijakan umum dan mengajukan kritikan dan perbaikan untuk meluruskan kebijakan pemerintah. Kegiatan-kegiatan politik tersebut dilakukan dengan berbagai metode seperti audiensi, mengadakan seminar, melakukan protes dengan penggalangan massa dan melakukan berbagai kerjasama dengan berbagai pihak. Lebih jauh, didalam hal keterbukaan dan independensi, DPD KNPI Sumbar periode 2004-2007 belum mampu menempatkan posisi organisasi sesuai dengan amanat yang ditetapkan didalam AD/ART KNPI sebagai konsekuensi logis belum mandirinya pendanaan organisasi, afiliasi politik kader yang masih dominan serta keberadaan OKP Sayap Partai Politik. Kurang maksimalnya koordinasi pengurus DPD serta banyaknya pengurus yang kurang aktif membuat DPD KNPI Sumbar kurang mampu melaksanakan prinsip keterbukaan organisasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 12:21
Last Modified: 04 Oct 2011 04:25
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11275

Actions (login required)

View Item View Item