Repository Universitas Andalas

Afiliasi Politik PKS terhadap Nilai-Nilai Islam dalam Pemilu Legislatif Tahun 2004 di Kabupaten Pasaman

Nofris, Rizi (2008) Afiliasi Politik PKS terhadap Nilai-Nilai Islam dalam Pemilu Legislatif Tahun 2004 di Kabupaten Pasaman. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Afiliasi Politik PKS terhadap Nilai-Nilai Islam dalam Pemilu Legislatif Tahun 2004 di Kabupaten Pasaman) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (436Kb) | Preview

Abstract

Terbentuknya partai politik berawal dari kesamaan visi dan misi diantara anggotanya. Kehadiran parpol yang ada saat ini menggambarkan pula sebuah konsekuensi dari sistem perwakilan politik modern sehingga parpol menjadi salah satu aktor penting dalam sebuah negara yang demokratis. Peran penting parpol dalam pemerintahan dewasa ini membuat parpol tidak terlepas dari pengaruh nilai-nilai yang berkembang untuk mengambil simpati masyarakat. Di Pasaman salah satu nilai yang berkembang dalam masyarakatnya adalah nilai-nilai keislaman yang kental dalam interaksi masyarakat disana sehingga nilai-nilai tersebut cocok dengan nilai yang dibawa oleh PKS di Pasaman. oleh sebab itu secara tidak langsung kesamaan nilai yang dipegang oleh PKS dan masyarakat Pasaman itu dijadikan suatu cara oleh PKS untuk menarik simpati masyarakat dalam pemilu. Nilai-nilai keislaman ini terekam jelas dengan berlangsungnya interaksi politik yang dilakukan oleh elit PKS Kabupaten Pasaman dengan masyarakat beserta elit politik lokal dimasyarakat tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi sementara teknik keabsahan data yang digunakan peneliti memakai proses triangulasi sumber data. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diperoleh pemetaan afiliasi politik terhadap kesuksesan PKS pada pemilu legislatif tahun 2004 di Kabupaten Pasaman. Afiliasi yang didapat oleh PKS di Pasaman tersebut secara umum yang mengacu pada Teori elit Harold D. Laswell dan C Wright Mills serta modifikasi dari konsep-konsep yang lain. Pemetaan Afiliasi Politik ini sendiri mencakup pandangan elit lokal tentang nilai-nilai yang berkembang dalam masyarakat dan nilai-nilai Islam yang dikembangkan PKS untuk memperjuangkan nilai-nilai tersebut dalam kepentingan pemilu PKS. Afiliasi Politik yang didapat oleh PKS ini sendiri disebabkan oleh keberhasilan PKS untuk mempengaruhi masyarakat di Pasaman dengan nilai-nilai Islam yang menjadi identitas dari PKS itu sendiri. Afiliasi politik yang didapat oleh PKS terhadap nilai-nilai yang berkembang dimasyarakat itu sendiri terjadi karena adanya kesamaan antara program dan kebijakan yang dilakukan secara cepat dan tepat agar terhindar dari instabilitas partai serta pencitraan negatif di mata konstituen terhadap PKS. Beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain pengokohan kader, direct selling di tataran seluruh pengurus Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Pasaman dan program atributisasi, media relasi dalam tatanan eksternal PKS.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 03:15
Last Modified: 06 Oct 2011 03:48
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11278

Actions (login required)

View Item View Item