Repository Universitas Andalas

Perancangan Panel Hubung Bagi Otomatis dengan Sistem Penyaluran Tiga Tingkat Menggunakan PLC Omron CPM1A-10 CDRA

DINATA, ISKANA (2008) Perancangan Panel Hubung Bagi Otomatis dengan Sistem Penyaluran Tiga Tingkat Menggunakan PLC Omron CPM1A-10 CDRA. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Perancangan Panel Hubung Bagi Otomatis dengan Sistem Penyaluran Tiga Tingkat Menggunakan PLC Omron CPM1A-10 CDRA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (481Kb) | Preview

Abstract

Kontinuitas merupakan titik ukur dari keandalan sebuah sistem penyaluran energi listrik. Sistem kelistrikan tidak luput dari gangguan, mulai dari proses pembangkitan sampai pada proses pemakaiannya. Gangguan yang terjadi berdampak langsung pada beban/konsumen. Maka diperlukan suatu alat yang mampu menjaga kontinuitas penyaluran tenaga listrik ke beban/konsumen, yaitu menggunakan sebuah PHB yang dapat menghubungkan, mengamankan dan mengendalikan suatu rangkaian listrik untuk kontinuitas penyaluran daya listrik ke beban/konsumen. Alat ini dirancang untuk melayani satu beban dengan tiga buah sumber, yang mana dua buah sumber merupakan sumber cadangan (Stand-By) yang digunakan untuk menyalurkan daya listrik ke beban jika terjadi gangguan pada sumber pertama tanpa mempengaruhi kerja beban dengan pemindahan saluran listrik. Sebagai otak pengontrol digunakan PLC Omron CPM1A. Untuk mendeteksi gangguan pada saluran digunakan relay arus sebagai pendeteksinya. Jika terjadi gangguan maka saluran dapat berpindah secara berurutan dan bersyarat dengan sistem penyaluran tiga tingkat dalam waktu <1 detik tanpa mempengaruhi penyaluran daya listrik ke beban. Pengujian pemindahan saluran dilakukan dengan memasang satu beban dilayani oleh tiga sumber yang mana dua sumber digunakan sebagai cadangan. Ketika terjadi gangguan pada satu saluran secara otomatis penyaluran daya akan dilayani sumber berikutnya yang menjadi titik ukur keandalan adalah waktu transient pemindahan saluran sehingga tidak mempengaruhi kerja beban. Dari hasil pengujian didapat data pemindahan saluran dikarenakan gangguan satu fasa hilang pada setting waktu tunda 0.5 detik, didapat waktu pemindahan <0,62 detik. Dapat disimpulkan bahwa saat terjadi perpindahan saluran, arus dan tegangan tetap dalam keadaan normal dengan beda arus perpindahan sebesar 0,07A.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 18 Apr 2011 06:06
Last Modified: 03 Oct 2011 06:04
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11293

Actions (login required)

View Item View Item