Repository Universitas Andalas

Modul Pengendalian Kecepatan Putaran Motor DC Menggunakan Pengendali PID Berbasis Mikrokontroler (Software)

Fauzi, Rahmat (2008) Modul Pengendalian Kecepatan Putaran Motor DC Menggunakan Pengendali PID Berbasis Mikrokontroler (Software). Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Modul Pengendalian Kecepatan Putaran Motor DC Menggunakan Pengendali PID Berbasis Mikrokontroler (Software)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (358Kb) | Preview

Abstract

Pengendali PID adalah pengendali yang sampai sekarang masih banyak digunakan di dunia industri. Dengan memanfaatkan mikrokontroler ATMEGA 8535 yang bisa mengadaptasi pemrograman dalam bahasa assembler. Dan dengan menggunakan mikrokontroler ATMEGA 8535 sebagai pengendalian PID untuk mengendalikan kecepatan putaran motor DC sebagai plant diterapkan. Dari hasil percobaan, terbukti bahwa penggunaan pengendali PID dan metode osilasi pada saat settingan kp = 6. ki = 0,5 dan kd = 0,12 dengan program mikrokontroler ATMEGA 8535 untuk pengaturan kecepatan putaran motor DC memberikan perbaikan kriteria performansi pada plant yang signifikan jika dibandingkan dengan alat plant tanpa pengendali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 15 Apr 2011 07:55
Last Modified: 04 Oct 2011 04:07
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11314

Actions (login required)

View Item View Item