Repository Universitas Andalas

Perancangan Sistem Pengeboran Printed Circuit Board (PCB) Secara Otomatis Menggunakan Komputer

Erlando, Doddy (2008) Perancangan Sistem Pengeboran Printed Circuit Board (PCB) Secara Otomatis Menggunakan Komputer. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Perancangan Sistem Pengeboran Printed Circuit Board (PCB) Secara Otomatis Menggunakan Komputer) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (429Kb) | Preview

Abstract

Dalam bidang industri produk elektronika biasanya komponen elektronika dipasang pada papan rangkaian tercetak atau lebih dikenal dengan nama Printed Circuit Board (PCB). Untuk melubangi PCB digunakan bor, yang dapat dilakukan dengan cara manual maupun secara otomatis dengan pemanfaatan mesin. Dibandingkan dengan proses pengeboran PCB dengan cara manual, keuntungan yang diperoleh pada proses pengeboran secara otomatis, antara lain : tingkat kesalahan (error) dalam proses perhitungan bisa dikurangi dan relatif lebih akurat, hemat waktu karena proses perhitungan relatif lebih cepat, serta hemat penggunaan tenaga manusia. Oleh karena itu dilakukan perancangan suatu alat yang dapat melakukan pengeboran Printed Circuit Board (PCB) Secara Otomatis. Tugas Akhir ini menggunakan Komputer (PC) dan berbasis Mikrokontroller AT89C51 sebagai pengendalinya. Mesin bor dibuat dengan menggunakan tiga motor yaitu dua motor stepper (untuk pergerakan koordinat X dan koordinat Y) dan sebuah motor DC (untuk pergerakan posisi Z) yang hanya berfungsi untuk menurunkan motor bor saat melakukan pengeboran. Motor stepper yang digunakan mempunyai spesifikasi 200 step per putaran. Dari motor stepper akan terjadi gerakan koordinat X sejauh 0,00794 mm. Dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa semakin cepat putaran motor stepper maka akan semakin cepat pula pergerakan ulir dalam menjalankan kedudukan PCB (Printed Circuit Board) pada tiap-tiap koordinat sumbu x dan y, dan ketelitian pergerakan koordinat X dan Y dari mekanik yang telah didesain adalah 0,00794.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 18 Apr 2011 05:47
Last Modified: 04 Oct 2011 02:44
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11327

Actions (login required)

View Item View Item