Repository Universitas Andalas

PENGARUH PENAMBAHAN FIBER REINFORCED POLYMER TERHADAP KAPASITAS LENTUR PENAMPANG ELEMEN STRUKTUR

Silvia, Leni (2008) PENGARUH PENAMBAHAN FIBER REINFORCED POLYMER TERHADAP KAPASITAS LENTUR PENAMPANG ELEMEN STRUKTUR. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PENAMBAHAN FIBER REINFORCED POLYMER TERHADAP KAPASITAS LENTUR PENAMPANG ELEMEN STRUKTUR) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (551Kb) | Preview

Abstract

Tugas akhir ini membahas tentang penambahan Fiber Reinforced - Polymer (FRP) sebagai bahan untuk perkuatan struktur terhadap kapasity lentur penampung elemen struktur. Perhitungan kapasitas lentur dilakukan untuk penampang balok, pelat dan kolom tanpa dan dengan pemakaian FRP. Dua variasi model tegangan regangan beton yaitu model Hognested dan model yang dikeluarkan EMPA yaitu SIA cODE 162 digunakan di sini. Tiga tipe fiber carbodur digunakan dan variasi jumlahnya serta variasi rasio tulangan dimasukkan ke dalam perhitungan. Analisa yang dilakukan pada pertambahan kapasitas lentur penampangg balok, pelat dan kolom, faktor - faktor yang mempengaruhi kapasitas lentur serta tipe keruntuhan penampang. Hasil dari perhitungan menunjukkan bahwa penampang dengan perkuatan carbodur mengalami peningkatan kapasitas lentur baik dari segi penggunaan jumlah dari beberapa tipe FRP maupun terhadap variasi rasio tulangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 05:47
Last Modified: 10 Oct 2011 07:23
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11334

Actions (login required)

View Item View Item