Repository Universitas Andalas

PERENCANAAN FASILITAS DRAINASE KAWASAN PEMUKIMAN DI SEKITAR MUARA BATANG AIR DINGIN PADANG

Yuliandra, Rio (2008) PERENCANAAN FASILITAS DRAINASE KAWASAN PEMUKIMAN DI SEKITAR MUARA BATANG AIR DINGIN PADANG. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PERENCANAAN FASILITAS DRAINASE KAWASAN PEMUKIMAN DI SEKITAR MUARA BATANG AIR DINGIN PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (599Kb) | Preview

Abstract

Kawasan pemukiman Pasir Putih yang berada di sekitar muara Batang Air Dingin membutuhkan jaringan drainase yang mampu mengalirkan air ke saluran pembuangan Batang Air Dingin. Permasalahan terjadi karena kondisi topografi yang sangat datar dan pada kondisi hujan serta pasang, elevasi muka air maksimum Batang Air Dingin lebih tinggi dari elevasi muka air rata-rata di saluran drainase. Alternatif perencanaan fasilitas pompa dan kolam pengumpul bertujuan agar air limpasan dapat ditampung sementara dan dikeluarkan , meskipun elevasi muka air di kolam pengumpul lebih rendah dari pada elevasi muka air di saluran pembuangan .Kapasitas pompa yang direncanakan dipengaruhi oleh debit rencana air yang masuk ke kolam penampung, sedangkan kapasitas kolam penampung direncanakan berdasarkan selisih debit pompa dengan debit aliran air masuk. Perencanaan drainase kawasan pemukiman di sekitar muara batang air dingin dilakukan untuk periode ulang 2, 5, dan 10 tahunan, sesuai dengan rekomendasi Dinas PU untuk perancangan drainase perkotaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 05:46
Last Modified: 12 Oct 2011 04:12
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11358

Actions (login required)

View Item View Item