Repository Universitas Andalas

PENGGUNAAN KAPUR SEBAGAI BAHAN PENGISI (FILLER) DALAM CAMPURAN PERKERASAN JALAN RAYA

Putra, Thopan Andika (2008) PENGGUNAAN KAPUR SEBAGAI BAHAN PENGISI (FILLER) DALAM CAMPURAN PERKERASAN JALAN RAYA. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PENGGUNAAN KAPUR SEBAGAI BAHAN PENGISI (FILLER) DALAM CAMPURAN PERKERASAN JALAN RAYA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (555Kb) | Preview

Abstract

Jenis perkerasan yang umum digunakan di Indonesia adalah perkerasan lentur yang menggunakan aspal sebagai bahan pengikatnya dan perkerasan kaku yang menggunakan semen sebagai bahan pengikat agregat. Dalam perencanaan campuran jalan raya yang biasa digunakan sebagai agregat kasar adalah batu pecah, dan untuk agregat halus adalah pasir. Sedangkan filler yang biasa digunakan adalah Semen Portland. Namun saat ini sudah banyak dilakukan penelitian untuk mencari alternatif filler sebagai material baru dalam campuran perkerasan jalan raya. Penelitian ini perlu untuk terus dikembangkan karena material yang ada pada saat ini sudah mulai terbatas jumlahnya. Selain itu terdapat banyak potensi material lain yang dapat dikembangkan sebagai alternatif bahan pengganti. Kapur memiliki bentuk fisik berupa butiran halus bewarna putih. Karena butirannya yang halus menyerupai semen Portland, maka bahan ini sangat potensial untuk dijadikan sebagai bahan konstruksi termasuk perkerasan jalan raya. Pemakaian kapur sebagai bahan campuran dalam perkerasan jalan raya diperlukan penyelidikan yang lebih mendalam. Penelitian ini menggunakan spesifikasi campuran Split Mastic Asphalt (SMA). Dari penelitian ini didapatkan bahwa semua variasi campuran yang menggunakan kapur sebagai bahan pengisi menghasilkan stabilitas yang tinggi (besar dari 750 kg), kelelehan yang tinggi (besar dari nilai maksimum yaitu 4 mm), sedangkan untuk rongga dalam campuran (VIM) dan Marshall Qoutient memenuhi nilai yang disyaratkan. Berdasarkan Parameter Marshall yang didapatkan maka kapur dengan kadar 3% bisa digunakan dalam campuran Split Mastic Asphalt.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 05:46
Last Modified: 11 Oct 2011 03:32
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11359

Actions (login required)

View Item View Item