Repository Universitas Andalas

PERENCANAAN GEDUNG STRUKTUR BAJA (Studi Kasus Gedung Bank Bukopin Cabang Melawai, Jakarta)

Putra, Harry Syafriandi Eka (2008) PERENCANAAN GEDUNG STRUKTUR BAJA (Studi Kasus Gedung Bank Bukopin Cabang Melawai, Jakarta). Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PERENCANAAN GEDUNG STRUKTUR BAJA (Studi Kasus Gedung Bank Bukopin Cabang Melawai, Jakarta)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (699Kb) | Preview

Abstract

Perencanaan struktur menggunakan baja komposit merupakan salah satu alternatif dalam perencanaan strukur. Penggunaan baja sebagai bahan bangunan memiliki beberapa keuntungan, diantaranya adalah sumbangan kekuatan yang diberikan terhadap pembebanan yang cukup besar, mudah dalam pelaksanaan dan waktu pengerjaan yang relatif lebih cepat. Perencanaan elemen-elemen struktur Bank Bukopin Cabang Melawai- Jakarta mengacu pada Tata Cara Perencanaan Struktur Baja Untuk Bangunan Gedung (SNI 03-1729-2002). Sedangkan untuk analisa pem- bebanan akibat gempa mengacu pada Standar Perencanaan Ke- tahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung(SNI-1726-2002). Beban-beban yang ditinjau untuk analisis struktur adalah beban vertikal (beban mati dan beban hidup) dan beban horizontal (beban gempa) yang kemudian di analisis dengan menggunakan program SAP 2000. Berdasarkan analisis struktur dan perhitungan yang dilakukan, diperoleh profil baja yang kuat memikul gaya lentur, geser dan aksial. Selain itu juga diperoleh ketebalan pelat lantai, jumlah penghubung geser, serta jumlah sambungan baut yang diperlukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 05:46
Last Modified: 11 Oct 2011 03:18
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11362

Actions (login required)

View Item View Item