Repository Universitas Andalas

ANALISIS PERBANDINGAN DISPLACEMENT JEMBATAN CABLE SDTAYED TIPE FAN DAN HARP AKIBAT BERAT SENDIRI

Zulfikar, Zulfikar (2008) ANALISIS PERBANDINGAN DISPLACEMENT JEMBATAN CABLE SDTAYED TIPE FAN DAN HARP AKIBAT BERAT SENDIRI. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS PERBANDINGAN DISPLACEMENT JEMBATAN CABLE SDTAYED TIPE FAN DAN HARP AKIBAT BERAT SENDIRI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (684Kb) | Preview

Abstract

Dengan semakin berkembangnya teknologi konstruksi jembatan bentang panjang, maka kini untuk menghubungkan pulau-pulau di Indonesia dengan jembatan bentang panjang tentunya bukanlah sekedar impian lagi. Untuk jembatan yang bentang panjang lebih efisien jika menggunakan jembatan jenis cable stayed. Jembatan cable stayed merupakan suatu sistem struktur statis tidak tertentu berderajat tinggi, dimana gaya-gaya dalam yang bekerja dipengaruhi bersama oleh kekakuan komponen penunjang utama jembatan, yaitu sistem-sistem lantai kendaraan ( deck, gelagar memanjang, gelagar melintang ) bersama-sama dengan kabel mutu tinggi dan pylon utamanya. Gaya- gaya dalam yang bekerja tersebut dipengaruhi oleh berat sendiri dari struktur jembatan cable stayed. Berat sendiri atau beban mati tidak boleh diabaikan dalam perencanaan jembatan cable stayed karena berat sendiri struktur ini menentukan kekakuan dan kelangsingan profil yang akan digunakan pada jembatan cable stayed. Beban yang diterima oleh gelagar diteruskan melalui kabel baja mutu tinggi yang berfungsi sebagai elemen tarik menuju pylon. Pylon yang berupa rangka portal atau rangka A meneruskan beban tersebut ke pondasi. Pola penyusunan kabel mempengaruhi displacement yang terjadi pada jembatan cable stayed. Ada tiga jenis pola penyusunan kabel yang sering digunakan pada jembatan cable stayed yaitu : type fan, tipe harp dan tipe radial. Untuk mengetahui karakter dan prilaku jembatan dari ketiga jenis pola penyusunan kabel maka perlu dilakukan perbandingan displacement pada masing-masing tipe. Pada kasus ini dibandingkan tipe harp yatg mempunyai susunan kabel yang sejajar dengan tipe fan ywg membentuk pola penyusunan kabel yang menyebar. Permodelan pola susunan kabel antara tipe fan dan harp dalam memikul beban mati dilakukan dengan bantuan software analisis struktur untuk menghitung displacement yang terjadi di titik pylon dan gelagar jembatan. Tipe fan secara umum mempunyai displacement yang besar di kepala pylon sedangkan tipe harp mempunyai displacement yang besar di stay cable pada gelagar . Displacement yang terjadi di titik kepala pylon menuju ke bawah karena pengaruh gaya tarik kabel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 02:19
Last Modified: 11 Oct 2011 09:13
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11366

Actions (login required)

View Item View Item