Repository Universitas Andalas

STUDI PERBANDINGAN PENULANGAN KOLOM PERSEGI DENGAN KOLOM TIPIS BETON BERTULANG PADA GEDUNG BERTINGKAT

Yeaniz, Samuharsent (2008) STUDI PERBANDINGAN PENULANGAN KOLOM PERSEGI DENGAN KOLOM TIPIS BETON BERTULANG PADA GEDUNG BERTINGKAT. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (STUDI PERBANDINGAN PENULANGAN KOLOM PERSEGI DENGAN KOLOM TIPIS BETON BERTULANG PADA GEDUNG BERTINGKAT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (654Kb) | Preview

Abstract

Penggunaan kolom persegi beton bertulang dewasa ini sangat sering kita temukan pada struktur gedung bertingkat. Alternatif lain yang bisa di pakai dalam perencanaan kolom beton bertulang yaitu dengan menggunakan kolom tipis beton bertulang. Analisa yang diperoleh dari perencanaan Struktur Gedung ini yaitu membandingkan penulangan kolom persegi dengan kolom tipis beton bertulang pada struktur gedung bertingkat. Data-data yang dibutuhkan untuk perencanaan struktur gedung bertingkat ini diperoleh dari pemodelan gambar sederhana. Mengacu pada SK SNI-03-2847- 2002 tentang perhitungan Strukur Beton Bertulang untuk Bangunan Gedung. Perencanaan meliputi struktur kolom persegi dan kolom tipis beton bertulang. Untuk mempermudah perhitungan gaya dalam struktur akibat beban luar yang bekerja, perhitungan dilakukan dengan bantuan program komputer SAP 2000, selanjutnya perhitungan tulangan dilakukan dengan program microsoft excel dengan mengacu kepada SK SNI-03-2847-2002. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan penggunaan kolom tipis beton bertulang lebih boros dari kolom persegi beton bertulang. Akan tetapi dari segi keindahan kolom tipis beton bertulang lebih bagus digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 05:46
Last Modified: 12 Oct 2011 03:58
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11367

Actions (login required)

View Item View Item