Repository Universitas Andalas

PERENCANAAN PERSIMPANGAN BERSINYAL (Studi Kasus : Jln. Khatib Sulaiman - Jln. Jhoni Anwar Persimpangan Presiden)

Herawan, Dian (2008) PERENCANAAN PERSIMPANGAN BERSINYAL (Studi Kasus : Jln. Khatib Sulaiman - Jln. Jhoni Anwar Persimpangan Presiden). Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PERENCANAAN PERSIMPANGAN BERSINYAL (Studi Kasus : Jln. Khatib Sulaiman - Jln. Jhoni Anwar Persimpangan Presiden)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (656Kb) | Preview

Abstract

Persimpangan merupakan yang paling dalam menentukan kapasitas dan waktu perjalanan pada suatu jaringan jalan. Pengaturan persimpangan dengan menggunakan lampu lalulintas (simpang bersinyal) mengalokasikan waktu hijau untuk setiap lengan sesuai dengan volume kendaraan dan mengasumsikannya segera dapat memasuki daerah simpang pada saat mendapat sinyal hijau. Geomentrik persimpangan harus dirancang sedemikian sehingga dapat mengarahkan pergerakan lalulintas ke dalam lintasan yang paling aman dan efisien. Dari data survei lalulintas pada persimpangan presiden dan setelah dilakukan analisa terhadap kondisi eksisting, didapatkan bahwa derajat kejenuhan (DS) > 0,85. Ini berarti bahwa simpang tersebut mendekati lewat jenuh yang menyebabkan pengaturan kembali terhadap waktu siklus, waktu hijau dan geometrik pada persimpangan ini. Setelah dilakukan analisa kinerja lalulintas diperoleh waktu siklus yang lebih pendek menjadi 100 detik, derajat kejenuhan maksimum 2,112 detik pada kondisi eksisting menjadi 0,852 detik, panjang antrian maksimum berubah dari 1901,9 menjadi 181,13 meter.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 05:46
Last Modified: 05 Oct 2011 03:08
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11380

Actions (login required)

View Item View Item