Repository Universitas Andalas

AN ERROR ANALYSIS OF PREPOSITIONS AS FOUND IN STUDENTS' WRITINGS AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL 1 LUBUK SIKAPING

Eliza , Nuzola Yevi (2008) AN ERROR ANALYSIS OF PREPOSITIONS AS FOUND IN STUDENTS' WRITINGS AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL 1 LUBUK SIKAPING. Other thesis, Fakultas Sastra..

[img]
Preview
PDF (AN ERROR ANALYSIS OF PREPOSITIONS AS FOUND IN STUDENTS' WRITINGS AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL 1 LUBUK SIKAPING) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (311Kb) | Preview

Abstract

Kesalahan penggunaan kata depan (preposition) oleh siswa sekolah menengah atas dikaji dalam skripsi ini. Para siswa sering melakukan kesalahan, terutama dalam penggunaan kata depan dalam bahasa Inggris yang memang sangat banyak jumlahnya dengan fungsi yang sangat mirip. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jenis kesalahan dalam penggunaan kata depan, penyebab kesalahan tersebut, dan frekuensi kemunculannya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode observasi dengan menggunakan instrumen berupa tes kepada siswa untuk menulis sebuah karangan berbahasa Inggris. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teori SP. Corder dan H Doughlas Brown. Adapun data yang dianalisis diambil dari karangan berbahasa Inggris yang ditulis siswa SMU Negeri I Lubuk Sikaping, kelas XI IPA 1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa jenis kesalahan dalam penggunaan kata depan, yaitu: (1) kesalahan menambahkan kata depan yang seharusnya tidak ada (2) kesalahan menghilangkan kata depan yang seharusnya ada, dan (3) kesalahan memilih kata depan. Disamping itu, ditemukan dua penyebab terjadinya kesalahan tersebut, yaitu: (1) kesalahan yang disebabkan oleh pengaruh bahasa ibu dalam berpikir dan mentransfer ide ke dalam bahasa Inggris, (2) kesalahan yang disebabkan oleh kurangnya penguasaan bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 18 Apr 2011 05:45
Last Modified: 18 Apr 2011 05:45
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11388

Actions (login required)

View Item View Item