Repository Universitas Andalas

THE POTRAIT OF BRITISH CULTURAL INVASION TOWARD 'OTHER' IN DEFOE'S ROBINSON CRUSOE: A POSTCILONIAL READING

Efrizal, Efrizal (2009) THE POTRAIT OF BRITISH CULTURAL INVASION TOWARD 'OTHER' IN DEFOE'S ROBINSON CRUSOE: A POSTCILONIAL READING. Other thesis, Fakultas Sastra..

[img]
Preview
PDF (THE POTRAIT OF BRITISH CULTURAL INVASION TOWARD 'OTHER' IN DEFOE'S ROBINSON CRUSOE: A POSTCILONIAL READING) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (372Kb) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menganalisa hegemoni kekuasaan kolonialisme Inggris terhadap masyarakat jajahannya, yang ditampilkan dalam novel Robinson crusoe karya Daniel Defoe. penulis memaparkan proses dan dampak pencapaian hegemoni kolonialisme Inggris terhadap masyarakat terjajah. Hal tersebut tersirat dari dua tokoh utama novel ini, yaitu: Robinson Crusoe dan Friday. Penulis menggunakan teori hegemoni dalam lingkup kajian pascakolonial. Melalui pendekatan pascakolonial dapat diketahui bagaimana praktek hegemoni yang dijalankan oleh penjajah terhadap bangsa jajahannya. penulis menggunakan penelitian kepustakaan dalam pengumpulan buku-buku dan referensi yang berkaitan dengan topik analisis. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan metode kualitatif untuk mengambil kutipan-kutipan yang mendukung analisa penulis. Hasil analisa tersebut dipaparkan melalui metode deskriptif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 18 Apr 2011 05:45
Last Modified: 18 Apr 2011 05:45
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11397

Actions (login required)

View Item View Item