Repository Universitas Andalas

APLIKASI METODA EVALUASI KAPASITAS BANGUNAN EKSISTING DENGAN STRUKTUR BETON BERTULANG TERHADAP GEMPA

Afrina, Lili (2008) APLIKASI METODA EVALUASI KAPASITAS BANGUNAN EKSISTING DENGAN STRUKTUR BETON BERTULANG TERHADAP GEMPA. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (APLIKASI METODA EVALUASI KAPASITAS BANGUNAN EKSISTING DENGAN STRUKTUR BETON BERTULANG TERHADAP GEMPA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (571Kb) | Preview

Abstract

Metoda evaluasi kapasitas gempa pada bangunan eksisting dengan struktur beton bertulang bertujuan untuk memprediksi kemampuan struktur suatu gedung menahan gempa yang dapat dinilai secara kuantitatif (indeks Is). Metoda evaluasi ini diadopsi dari Japan Building Disaster Prevention Association (JBDPA) tahun 1990 tentang "Standard for Evaluation of Seismic Capacity of Existing Reinforced Concrete Buildings". Metoda ini terdiri dari tiga prosedur perhitungan untuk menghitung Indeks gempa (Is) dari prosedur perhitungan pertama yang paling sederhana hingga prosedur perhitungan ketiga yang perhitungannya paling akurat. Indeks Is dihitung dari kekuatan ultimit dan daktilitas dari elemen- elemen struktur sebuah bangunan. Indeks Is dibandingkan dengan indeks batas (Iso) yang ditetapkan berdasarkan gempa yang pernah terjadi sebelumnya untuk menetapkan keamanan bangunan. Penerapan metoda evaluasi ini terhadap kasus gedung Pusyantel PT. Telkom Jl. K.H. Ahmad Dahlan Padang pasca bencana Maret 2407 menghasilkan bahwa gedung tersebut tidak aman bila dihitung dengan prosedur perhitungan pertama dan kedua. Namun hasil tersebut dianggap masih belum akurat karena perhitungannya masih sederhana. Sehingga perhitungan harus dilanjutkan dengan menggunakan prosedur perhitungan ketiga. Hasil perhitungan dengan menggunakan prosedur perhitungan ketiga adalah bahwa gedung tersebut aman terhadap gempa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 05:45
Last Modified: 05 Oct 2011 04:48
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11405

Actions (login required)

View Item View Item