Repository Universitas Andalas

EFEK PARAMETER DAN GEOMETRIK TEKANAN TANAH TERHADAP NILAI TEKANAN AKTIF LATERAL COULOMB PADA RETAINING WALL

Febrian, David (2008) EFEK PARAMETER DAN GEOMETRIK TEKANAN TANAH TERHADAP NILAI TEKANAN AKTIF LATERAL COULOMB PADA RETAINING WALL. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (EFEK PARAMETER DAN GEOMETRIK TEKANAN TANAH TERHADAP NILAI TEKANAN AKTIF LATERAL COULOMB PADA RETAINING WALL) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (494Kb) | Preview

Abstract

Setiap desain pondasi dari sebuah struktur seperti gedung, jembatan, dinding penahan tanah dan lain sebagainya, selalu mengutamakan desain yang aman dan ekonomis. Aman atau tidaknya suatu struktur tergantung kepada masalah-masalah teknis antara lain masalah tanah. Hal ini menyangkut interaksi antara pondasi dan tanah atau batuan yang mendukung struktur tersebut. Disain pondasi secara umum dilakukan dalam dua tahap. Yang pertama adalah seleksi yang akurat tentang skema pondasi yang didasarkan pada kondisi lokasi dan batasan struktural. Yang kedua, pengukuran, perkuatan dan detail elemen struktural. Dalam tugas akhir ini akan dilakukan studi terhadap efek perubahan parameter dan geometrik tanah terhadap besaran nilai tekanan aktif dan koefisien tekanan lateral aktif yang terjadi pada retaining wall. Kajian ini akan menggunakan teori yang dikeluarkan oleh Charles Augustin Coulomb. Variasi dan fluktuasi nilai parameter tekanan tanah dan geometrik retaining wall sangat berpengaruh terhadap stabilitas sebuah retaining wall. Pengambilan besaran parameter dan geometrik tanah akan menentukan stabititas dinding penahan tanah dan resistensinya terhadap tekanan lateral.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 05:45
Last Modified: 04 Oct 2011 04:13
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11406

Actions (login required)

View Item View Item