Repository Universitas Andalas

ANALISIS PENURUNAN DAN PERKUATAN STRUKTUR DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI NUMERIK INTERAKSI TANAH STRUKTUR

Iskandar, Dedi (2008) ANALISIS PENURUNAN DAN PERKUATAN STRUKTUR DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI NUMERIK INTERAKSI TANAH STRUKTUR. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS PENURUNAN DAN PERKUATAN STRUKTUR DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI NUMERIK INTERAKSI TANAH STRUKTUR) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (612Kb) | Preview

Abstract

Perilaku penurunan struktur gedung 2 tingkat dengan pondasi Rakit (Raft-Foundation) diamati disini. Analisi dilakukan dengan memberikan variasi pembebanan. Variasi pembebanan yang dipakai didasarkan pada beban-beban yang bekerja pada strukur. Beban yang bekerja pada struktur yaitu beban mati dan beban hidup. Kombinasi pembebanan yang dipakai adalah 1,2 DL + 1,6 LL. Beban mati struktur merupakan berat sendiri struktur dengan nilai yang tetap sedangkan beban hidup struktur divariasikan. Variasi beban hidup yang diajukan ada 4 macam yaitu : pembebanan seperempat luasan pelat, pembebanan setengah luasan pelat, pembebanan tiga perempat luasan pelat dan pembebanan satu luasan pelat. Analisa yang dilakukan adalah dengan melakukan pendekatan simulasi numerik. Pemodelan dibuat dalam simulasi numerik interaksi tanah struktur. Pemodelan yang diajukan yaitu pemodelan struktur dengan pondasi Rakit di tanah lempung lunak dibawahnya. Struktur yang dimodelkan yaitu bangunan rumah 2 tingkat. Untuk tanah yang dimodelkan yaitu tanah lempung lunak dengan ketebalan 5 m dan luas 20x20 m. Pengamatan dilakukan pada penurunan yang terjadi pada satu titik pondasi tepat dibawah kolom. Pengamatan ini dilakukan terhadap semua variasi pembebanan. Dari hasil pengamatan didapatkan bahwa terjadi penurunan sebagian pada struktur yang dikenal dengan nilai lain berupa kemiringan (tilt) atau dalam bentuk ratio distorsi (angular distortion). Kemiringan ini dapat membahayakan struktur sehingga perlu diperhiungkan dalam perencanaan perkuatan struktur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 04:07
Last Modified: 04 Oct 2011 08:31
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11425

Actions (login required)

View Item View Item