Repository Universitas Andalas

PERBANDINGAN DESAIN BETON PRATEGANG DAN BETON BIASA UNTUK DERMAGA CRUDE PALM OIL DI TELUK BAYUR SUMATERA BARAT

Kasuma, Widya (2008) PERBANDINGAN DESAIN BETON PRATEGANG DAN BETON BIASA UNTUK DERMAGA CRUDE PALM OIL DI TELUK BAYUR SUMATERA BARAT. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PERBANDINGAN DESAIN BETON PRATEGANG DAN BETON BIASA UNTUK DERMAGA CRUDE PALM OIL DI TELUK BAYUR SUMATERA BARAT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (581Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengulas perencanaan dermaga Crude Palm Oil menggunakan beton prategang. Yaitu beton yang tulangan bajanya ditarik atau ditegangkan tehadap beton. Penarikan ini menghasilkan sistem kesetimbangan pada tegangan dalam (tarik pada baja dan tekan pada beton) sehingga akan meningkatkan kemampuan beton menahan beban luar. Perencanaan dermaga ini meliputi struktur loading platform, struktur mooring dolphin, struktur berthing dolphin dan struktur causeway. Gaya-gaya yang diperhitungkan adalah gaya akibat berat sendiri struktur yang terdiri dari beban mati dan beban hidup, gaya akibat benturan kapal, gaya akibat tarikan kapal, gaya akibat angin, gaya akibat arus air laut dan gaya akibat gempa. Perencanaan ini juga memasukkan perhitungan rencana anggaran biaya. Analisis struktur menggunakan Structure Analysis Program (SAP) 2000. Hasil perencanaan ini dibandingkan dengan hasil perencanaan yang telah ada yaitu menggunakan beton biasa. Dari hasil perbandingan, diperoleh hasil yang lebih besar dari perhitungan dengan menggunakan beton biasa. Dimana biaya yang diperlukan untuk beton prategang 39,8% lebih mahal dari biaya dengan menggunakan beton biasa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 04:04
Last Modified: 04 Oct 2011 09:35
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11429

Actions (login required)

View Item View Item