Repository Universitas Andalas

TEKNOLOGI AUDIT FORENSIK, REPAIR DAN RETROFIT UNTUK BANGUNAN GEDUNG (STUDY KASUS KOTA PADANG)

EP, ENGKI RAHMAT (2008) TEKNOLOGI AUDIT FORENSIK, REPAIR DAN RETROFIT UNTUK BANGUNAN GEDUNG (STUDY KASUS KOTA PADANG). Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (TEKNOLOGI AUDIT FORENSIK, REPAIR DAN RETROFIT UNTUK BANGUNAN GEDUNG (STUDY KASUS KOTA PADANG)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (538Kb) | Preview

Abstract

Gempa bumi tektonik berkekuatan besar (7.9 Skala Richter) pada pukul 17.50 WIB tanggal 12 September 2007 dengan pusat gempa di lepas pantai sebelah barat Bengkulu mengakibatkan kerusakan pada bangunan-bangunan diatasnya, tidak terkecuali bangunan dikota Padang pun terkena dampak dari gempa ini, sehingga diperlukan suatu penelitian dan penilaian oleh para ahli konstruksi bangunan untuk melakukan investigasi terhadap kerusakan bangunan perkantoran yang ada di kota padang sehingga perbaikan atau perkuatan dapat dilakukan secepat mungkin. Investigasi dilakukan secara visual seperti melihat kemiringan bangunan, retakan komponen struktur, kerusakan komponen non struktur dan diteruskan dengan pemeriksaan kekuatan tekan beton dengan hammer test pada komponen balok dan kolom. Tercatat disini dari hasil investigasi dilapangan banyak ditemukan bangunan perkantoran yang mengalami kerusakan seperti roboh, rusak sedang, rusak ringan dan setelah ditakukan peniraian terhadap tingkat kelayakan, ada beberapa bangunan yang direkomendasikan tidak layak sehingga diperlukan usaha perbaikan atau perkuatan pada bangunan perkantoran tersebat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 04:04
Last Modified: 03 Oct 2011 09:07
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11434

Actions (login required)

View Item View Item