Repository Universitas Andalas

STUDI MASALAH REKONSTRUKSI INFRASTRUKTUR PASCA BENCANA ALAM (Studi Kasus Rekonstruksi Perumahan Bantuan BRR di Kota Banda Aceh)

Isnaini, Wilman (2008) STUDI MASALAH REKONSTRUKSI INFRASTRUKTUR PASCA BENCANA ALAM (Studi Kasus Rekonstruksi Perumahan Bantuan BRR di Kota Banda Aceh). Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (STUDI MASALAH REKONSTRUKSI INFRASTRUKTUR PASCA BENCANA ALAM (Studi Kasus Rekonstruksi Perumahan Bantuan BRR di Kota Banda Aceh)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (913Kb) | Preview

Abstract

Bencana dapat meluluhlantakan infrastruktur termasuk perumahan dan pemukiman. Rekonstruksi pasca-bencana adalah tindakan yang dilakukan untuk membangun kembali suatu komunitas setelah satu periode rehabilitasi akibat suatu bencana dengan tindakan- tindakan mencakup pembangunan rumah permanen, pemulihan semua pelayanan secara penuh, dan memulai kembali secara tuntas dari keadaan sebelum bencana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengelompokkan masalah-masalah rekonstruksi infrastruktur pada kasus rekonstruksi perumahan akibat bencana alam. Penelitian ini dilakukan dengan cara interview terstruktur pada pihak-pihak yang terlibat dalam rekonstruksi perumahan bantuan Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) di Kota Banda Aceh yaitu BRR, Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), konsultan dan kontraktor, serta masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah rekonstruksi yang sering terjadi yaitu masalah pada tahap pelaksanaan. Isu utama permasalahan terjadi pada koordinasi internal dan eksternal BRR strategi manajemen konstruksi, kontraktor, dan dari masyarakat. Penanggulangan yang telah dilakukan dengan meningkatkan koordinasi, merubah struktur BRR, merubah strategi manajemen konstruksi, meningkatkan monitoring, sampai melakukan pendekatan- pendekatan intensif baik sosial maupun hukum kepada masyarakat korban bencana. Akan tetapi penanggulangan tersebut belum dapat mengeliminasi seluruh permasalahan yang terjadi, yang ditunjukkan dengan sedikitnya jumlah rumah yang selesai dibangun dibandingkan dengan yang ditargetkan oleh BRR.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 03:58
Last Modified: 04 Oct 2011 08:38
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11437

Actions (login required)

View Item View Item