Repository Universitas Andalas

PERENCANAAN LAJUR KHUSUS KENDARAAN PRIBADI PADA JALAN PASAR BARU PASAR RAYA, PADANG

Devita, Syilvia (2008) PERENCANAAN LAJUR KHUSUS KENDARAAN PRIBADI PADA JALAN PASAR BARU PASAR RAYA, PADANG. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PERENCANAAN LAJUR KHUSUS KENDARAAN PRIBADI PADA JALAN PASAR BARU PASAR RAYA, PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (585Kb) | Preview

Abstract

Padang merupakan ibukota dari propinsi Sumatra Barat yang berfungsi sebagai pusat pemerintahan, pendidikan dan perekonomian. Kawasan Pasar Raya adalah pusat perekonomian kota Padang. Di kawasan ini terdapat pasar dan pusat perbelanjaan yang menjadi daya tarik pengunjung. Hal ini menyebabkan terjadinya kemacetan. Tingginya arus lalu-lintas mengakibatkan beberapa ruas jalan di kawasan Pasar Raya mengalami kemacetan. Salah satu ruas jalan yang mengalami permasalahan tersebut adalah Jalan Pasar Baru. Penyelesaian yang dilakukan untuk masalah ini yaitu perencanaan lajur khusus atau dikenal dengan istilah kanalisasi. Kanalisasi ini bertujuan untuk memisahkan kendaraan pribadi dan angkutan kota dengan prioritas terhadap angkutan umum (Public Transport Priority). Sebelum penerapan, maka perlu dilakukan survei terhadap kinerja lalu-lintas existing jalan tersebut. Survei yang dilakukan adalah berdasarkan perhitungan Manual Kapasitas Jalan Raya Indonesia (MKJI) tahun 1997, diantaranya adalah perhitungan volume kendaraan, kecepatan, kecepatan arus bebas, waktu tunda, dan hambatan samping. Berdasarkan survei dan perhitungan yang dilakukan, diperoleh kecepatan kendaraan di ruas jalan ini sangat lambat, dimana pada ruas jalan 1, kecepatan kendaraan hanya 13,39 km/jam, ruas jalan 2 yaitu 12,28 km/jam dan ruas jalan 3 yaitu 15,28 km/jam. Simulasi perhitungan kanalisasi (asumsi terbangun), kecepatan kendaraan akan meningkat. Untuk kelas hambatan samping tinggi saja kecepatan kendaraan di ruas 1 akan naik hingga 30,15 km/jam, ruas 2 yaitu 27,69 km/jam, dan ruas 3 yaitu 40 km/jam. Jadi, kanalisasi memberikan dampak positif, yaitu dapat memperbaiki kinerja lalu- lintas kendaraan pribadi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 03:57
Last Modified: 03 Oct 2011 09:25
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11443

Actions (login required)

View Item View Item