Repository Universitas Andalas

Implementasi Steganografi pada Gambar Bitmap dengan Metode LSB Menggunakan Borland Delphi 5.0

Harmatika, Elsa (2008) Implementasi Steganografi pada Gambar Bitmap dengan Metode LSB Menggunakan Borland Delphi 5.0. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Implementasi Steganografi pada Gambar Bitmap dengan Metode LSB Menggunakan Borland Delphi 5.0) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (263Kb) | Preview

Abstract

Jaringan komputer dan internet telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Teknologi ini mampu menyambungkan hampir semun komputer yang ada di dunia sehirrgga bisa saling berkomunikasi dan bertukar informasi. Bentuk informasi yang dapat ditukar berupa data teks, citra digital, video, audio. Steganografi sebagai suatu seni penyembunyian pesan ke dalam pesan lainnya yang telah ada sejak sebelum masehi dan kini seiring dengan kemajuan teknologi jaringan serta perkembangan dari teknologi digital, steganografi banyak dimanfaatkan untuk mengirim pesan melalui jaringan intemet tanpa diketahui orang lain selain itu juga bisa digunakan untuk bertukar data / informasi antara satu lembaga dengan lembaga lain dengan menggunakan media digital berupafile gambar. Pada tugas akhir ini, digunakan suatu metode steganografi yaitu LSB (Least Significant Bfl untuk diimplementasikan pada aplikasi steganografi ini. Dimana secara kasat mata, hasil akhir dari manipulasi pesan rahasia yang dilakukan tidak akan terlihat perbedaannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 18 Apr 2011 05:38
Last Modified: 04 Oct 2011 07:21
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11457

Actions (login required)

View Item View Item