Repository Universitas Andalas

Orientasi Politik Partai Keadilan Sejahtera pasca Mukernas bali 1-3 Februari 2008 (Studi terhadap Pandangan Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Sumatera Barat terhadap Orientasi Politik Partai Keadilan Sejahtera)

Ridwan, Muhammad (2009) Orientasi Politik Partai Keadilan Sejahtera pasca Mukernas bali 1-3 Februari 2008 (Studi terhadap Pandangan Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Sumatera Barat terhadap Orientasi Politik Partai Keadilan Sejahtera). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Orientasi Politik Partai Keadilan Sejahtera pasca Mukernas bali 1-3 Februari 2008 (Studi terhadap Pandangan Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Sumatera Barat terhadap Orientasi Politik Partai Keadilan Sejahtera)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (496Kb) | Preview

Abstract

Kesuksesan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada pemilu 2004 memberikan optimisme kepada partai tersebut untuk meraih dukungan yang lebih besar pada pemilu 2009. PKS menetapkan target yang cukup besar pada pemilu 2009, yaitu perolehan 20% suara di dalam pemilu legislatif. Implikasi dari kebijakan ini adalah PKS harus melakukan perubahan di dalam tubuh partai untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satu tindakan yang dilakukan adalah menghilangkan citra eksklusif yang melekat di dalam partai dengan mengusung ide keterbukaan, serta memberikan kesempatan kepada pihak elrsternal (pihak diluar kader) untuk terlibat di dalam partai, termasuk non-muslim. Melalui Mukernas Bali 1-3 Februari 2008, PKS berusaha untuk mewujudkan ide-ide tersebut. Hal ini memberikan wajah yang berbeda kepada PKS yang sebelumnya terlihat sangat Islami. Penelitian ini hendak mengungkap bagaimana orientasi politik PKS setelah pelaksanaan Mukernas di Bali, aspek-aspek yang menjadi dasar pertimbangan orientasinya serta pandangan Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah (DPTW) PKS Sumatera Barat terhadap orientasi politik tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 18 Apr 2011 05:38
Last Modified: 18 Apr 2011 05:38
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11472

Actions (login required)

View Item View Item