Repository Universitas Andalas

Audio Steganografi pada File Suara untuk Keamanan Pengiriman Informasi dengan Metode LSB Menggunakan Bahasa Visual C++

Islami, Rijal (2008) Audio Steganografi pada File Suara untuk Keamanan Pengiriman Informasi dengan Metode LSB Menggunakan Bahasa Visual C++. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Audio Steganografi pada File Suara untuk Keamanan Pengiriman Informasi dengan Metode LSB Menggunakan Bahasa Visual C++) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (248Kb) | Preview

Abstract

Seringkali seseorang yang hendak mengirim pesan kepada orang lain, tidak ingin isi pesan tersebut diketahui oleh orang lain. Biasanya isi pesan tersebut bersifat sangat rahasia atau pribadi, yang hanya boleh diketahui antara pihak pengirim dan pihak penerima pesan. Oleh karena itu, biasanya pengirim mengirim pesan secara sembunyi-sembunyi agar tidak ada pihak lain yang mengetahui. Maka salah satu untuk mengatasi situasi di atas adalah mengembangkan suatu aplikasi yang mampu menyamarkan pesan tersebut dengan teknik penyembunyian data pada suatu media yaitu teknik Steganografi. Penyembunyian datanya dapat dilakukan pada jenis media digital seperti berkas citra, suara, video, dan teks.Proses penyimpanannya dengan memanfaatkan bit-bit Least Significant Bit (LSB) pada media WAV untuk menyisipkan informasi Pembuatan program aplikasi ini menggunakan bahasa pemograman Visual C++ 6.9 yang dijalankan pada sistem operasi windows XP.Hasil yang diperoleh adalah keluaranfile infomasi yang sama saat pengiriman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 18 Apr 2011 12:20
Last Modified: 04 Oct 2011 08:32
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11490

Actions (login required)

View Item View Item