Repository Universitas Andalas

STUDI KARAKTERISTIK ANTRIAN KENDARAAN DI PINTU TOL PARKIR DI BANDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU (BIM)

Ekasaputra, Ekasaputra (2008) STUDI KARAKTERISTIK ANTRIAN KENDARAAN DI PINTU TOL PARKIR DI BANDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU (BIM). Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (STUDI KARAKTERISTIK ANTRIAN KENDARAAN DI PINTU TOL PARKIR DI BANDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU (BIM)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (649Kb) | Preview

Abstract

Untuk manajemen kendaraan yang melakukan pembayaran parkir, saat ini BIM menggunakan disiplin antrian FIFO (First In First Out) dengan menggunakan Model Pelayanan Tunggal (Single Channel). Seiring terjadinya peningkatan jumlah kendaraan yang masuk areal bandara, nilai tingkat kedatangan kendaraan otomatis akan bertambah. Untuk itu, diperlukan suatu penelitian yang bertujuan menentukan karakteristik antrian saat ini dan memprediksi kondisi antrian di masa datang. Metoda yang digunakan pada penelitian ini yaitu metoda kedatangan dengan ditribusi kedatangan Poisson ( yaitu kemungkinan eksponensial negatif dari headway). Dari hasil nilai intensitas lalu lintas pelayanan yang didapat diketahui bahwa pintu pelayanan tol parkir masih mampu melayani tingkat kedatanqan kendaraan yang ada saat ini, dengan memenuhi syarat p<1. Sedangkan tahun maksimal penggunaan pelayanan satu pintu (Single Channel) adalah pada tahun 2017. Berarti pada tahun 2018 pelayanan kedatangan kedatangan kendaraan menuju Bandara Internssional Minangkabau harus menggunakan 2 pintu pelayanan (Multy Channel). Setelah menggunakan 2 pintu pelayanan, kedatangan kendaraan dapat dilayani hingga tahun 2023. Untuk menganalisa parameter antrian yang telah mengganakan banyak saluran pelayanann (Multy Channel) menggunakan disiplin antrian FVFS (First Vacant First Serve). Dari analisa didapat tahun maksimal pemakaian pintu pelayanan dengan memakai disiplin antrian FIFO pada tahun 2023, sedangkan tahun maksimal pemakaian pintu pelayanan dengan memakai disiplin antrian FVFS pada tahun 2029.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 12:20
Last Modified: 03 Oct 2011 09:26
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11493

Actions (login required)

View Item View Item