Repository Universitas Andalas

KAJIAN EXPERIMENTAL POLA RETAK PADA PORTAL BETON BERTULANG DI LABORATORIUM AKIBAT BEBAN QUASI CYCLIC

Virdana, Acup (2008) KAJIAN EXPERIMENTAL POLA RETAK PADA PORTAL BETON BERTULANG DI LABORATORIUM AKIBAT BEBAN QUASI CYCLIC. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (KAJIAN EXPERIMENTAL POLA RETAK PADA PORTAL BETON BERTULANG DI LABORATORIUM AKIBAT BEBAN QUASI CYCLIC) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (757Kb) | Preview

Abstract

Quasi cyclic merupakan prosedur analisa untuk mengetahui perilaku keruntuhan suatu bangunan terhadap gempa, analisa dilakukan dengan memberikan beban bolak balik yang diberikan secara berangsur-angsur sampai melampaui pembebanan yang menyebabkan pelelehen pertama pada struktur, kemudian dengan peningkatan beban lebih lanjut sampai mengalami perpindahan yang diharapkan (ultimit). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola retak, pola keruntuhan, kurva perpindahan vs beban (histeresis loop).' Penetilian dilakukan di laboratoriam dengan menguji portal tipe 1 (balok lemah kolom kuat), portal tipe 2 (balok kolom sama kuat) dan portal tipe 3 (balok kuat kolom lemah) yang di uji dengan beban bolak balik yang dirangkai pada alat penguii portal yang telah disiapkan. Alat pembebanan dilengkapi dengan dial pencatat perpindahan dan dial beban. Pembacaan beban dilakukun berdasarkan riwayat pembebanan yang dihitung per siklus. Setiap siklus berjarak 1 mm, dimulai dari siklus pertama (1 mm) sampai portal mengalami keruntuhan. Dalam satu siklus pembacaan beban dilakukan setiap dial perpindahan menunjukkan kelipatan 20 (0,02) mm. Semakin besar dimensi balok, maka semakin besar beban maksimum yang mampu diterima oleh pottal beton bertulang. Retak yang terjadi pada masing-masing portal umumnya terjadi pada daerah sendi plastik, yaitu pertemuan antara kolom dengan balok Arah retak sejajar dengan arah memanjang balok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 12:19
Last Modified: 11 Oct 2011 05:45
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11497

Actions (login required)

View Item View Item