Repository Universitas Andalas

ANALISA PENGARUH PENGGUNAAN BASE ISOLATOR PADA STRUKTUR BETON BERTULANG TERHADAP BEBAN GEMPA BERINTENSITAS TINGGI

Putra, Reno Adi (2008) ANALISA PENGARUH PENGGUNAAN BASE ISOLATOR PADA STRUKTUR BETON BERTULANG TERHADAP BEBAN GEMPA BERINTENSITAS TINGGI. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (ANALISA PENGARUH PENGGUNAAN BASE ISOLATOR PADA STRUKTUR BETON BERTULANG TERHADAP BEBAN GEMPA BERINTENSITAS TINGGI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (604Kb) | Preview

Abstract

Berkenaan dengan sering terjadinya gempa bumi maka diupayakanlah mencari solusi tepat guna untuk keamanan suatu konstruksi. Salah salunya yang layak digunakan oleh negara maju adalah menggunakan base isolation system. Prinsip base isolation system ini adalah memberikan isolasi atau redaman pada struktur bila terjadi gempa. Base isolation system ini ditempatkan antara pondasi dengan kolom. Base isolation yang digunakan adalah tipe solid ruber bearing(SRB) yang berasal dari kumpulan lapisan material karet dan pelat baja . Prinsip dari base isolation system tipe solid ruber bearing ini adalah memberikan redaman pada struktur bangunan terhadap energi gempa bumi. Base isolation memberikan modifikasi dari respon bangunan sehingga pengaruh pergerakan tanah terhadap bangunan dapat dikurangi. Dalam tugas akhir ini, struktur yang menggunakan solid ruber bearing akan dibandingkan dengan struktur biasa (fixed base structure). Analisa struktur menggunakan respon spektrum SNI-1726- 2002 untuk wilayah 6 kondisi tanah lunak. Pemodelan gedung dan bantalan menggunakan software SAP 2000. untuk pemodelan bantalan digunakan Rubber Isolator.Input data Rubber Isolator adalah nilai kekakuan dari bantalan yaitu kekakuan horizontal dan vertikal. Pada design bantalan diperoleh jumlah layer 13 dengan ketebalan masing-masing 25 mm. Dari pemodelan diperoleh gaya dalam (aksial, geser dan momen), interstory drift dan perioda struktur. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan, diperoleh bahwa struktur yang menggunakan SRB menghasilkan gaya dalam dan interstory drift yang lebih kecil serta perioda struktur yang lebih aman dibandingkan strukfur konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 12:19
Last Modified: 11 Oct 2011 03:54
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11503

Actions (login required)

View Item View Item