Repository Universitas Andalas

PENGARUH ASAP CAIR TEMPURUNG KELAPA TERHADAP KUALITAS DAGING IKAN SISIAK (Thunnus thynnus)

Bestari, Puti (2008) PENGARUH ASAP CAIR TEMPURUNG KELAPA TERHADAP KUALITAS DAGING IKAN SISIAK (Thunnus thynnus). Other thesis, Fakultas MIPA.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH ASAP CAIR TEMPURUNG KELAPA TERHADAP KUALITAS DAGING IKAN SISIAK (Thunnus thynnus)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (338Kb) | Preview

Abstract

Dalam proses pengolahan produk perikanan pada pasca panen, asap cair tempurung kelapa telah menjadi salah satu alternatif bahan pengawet yang berfungsi sebagai antibakteri dan antioksidan. Pada penelitian ini telah dilakukan pembuatan asap cair tempurung kelapa secara pirolisa sederhana yang menghasilkan asap cair berwarna coklat tua (AC1) dan tar yang berwarna hitam. Distilasi menghasilkan asap cair berwarna kuning kecoklatan (distilasi satu kali, AC2) dan asap cair berwarna kuning muda (distilasi dua kali, AC3). Melalui uji organoleptis dan uji Eber diketahui bahwa daging ikan sisiak segar, baru mengalami kebusukan pada jam ke 7 dari awal perlakuan, sedangkan daging ikan sisiak yang diperlakukan dengan ketiga asap cair belum mengalami kebusukan pada jam tersebut. Dari hasil analisa kadar protein diketahui bahwa tidak ada perbedaan kadar protein antara daging ikan sisiak segar (11,24%) dengan daging ikan sisiak yang telah diberi asap cair 1, 2 dan 3 (berturut-turut 10,62%, 10,04%, dan 10,70%). Sementara, kadar protein antara daging ikan sisiak busuk (7,76%) dengan daging ikan sisiak yang diberi asap cair 1, 2, dan 3 terdapat perbedaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 18 Apr 2011 12:19
Last Modified: 03 Oct 2011 07:26
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11505

Actions (login required)

View Item View Item