Repository Universitas Andalas

Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Kabupaten Agam Nomor 2 Tahun 2006 Tentang Pencabutan Peraturan Daerah Kabupaten Agam Nomor 16 Tahun 1998 Tentang Retribusi Penggantian Biaya Cetak Kartu Tanda Penduduk, dan Akte Catatan Sipil (Studi Implementasi Pencabutan Retribusi Penggantian Biaya Cetak Kartu Tanda Penduduk (KTP Gratis) di Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam)

Hamid, Syaiful (2009) Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Kabupaten Agam Nomor 2 Tahun 2006 Tentang Pencabutan Peraturan Daerah Kabupaten Agam Nomor 16 Tahun 1998 Tentang Retribusi Penggantian Biaya Cetak Kartu Tanda Penduduk, dan Akte Catatan Sipil (Studi Implementasi Pencabutan Retribusi Penggantian Biaya Cetak Kartu Tanda Penduduk (KTP Gratis) di Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Kabupaten Agam Nomor 2 Tahun 2006 Tentang Pencabutan Peraturan Daerah Kabupaten Agam Nomor 16 Tahun 1998 Tentang Retribusi Penggantian Biaya Cetak Kartu Tanda Penduduk, dan Akte Catatan Sipil (Studi Implementasi Pen) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (460Kb) | Preview

Abstract

Pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan merupakan salah satu tugas pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam rangka melayani masyarakat umum, yang meliputi tugas dan fungsi, mendaftarkan dan menertibkan KTP, Kartu Keluarga, serta berbagai Akta Catatan Sipil maupun pencatatan Mutasi dan pengelolaan Data Penduduk. Pelayanan publik itu sendiri pada hakekatnya adalah pemberian pelayanan prima kepada masyarakat yang merupakan perwujudan kewajiban aparatur p�merintah sebagai abdi masyarakat. Namun kondisi yang terjadi di masyarakat menunjukkan bahwa pelayanan publik dalam bentuk pelayanan administrasi kependudukan khususnya dalam hal pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) belum sepenuhnya berjalan dengan baik dan masih ditemuinya hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program KTP gratis dan kendala dalam implementasi program KTP gratis di Kecamatan Sungai Pua. Dalam penelitian menggunakan beberapa konsep tentang implementasi kebijakan yang mengadopsi teori yang dikemukakan George Edward III' dan koniep tentang pelayanan publik. Dengan mengacu kepada teori tersebut maka akan dapat diketahui bagaimana kendala dan implementasi kebijakan KTP Gratis di Kecamatan Sungai Pua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 18 Apr 2011 12:19
Last Modified: 18 Apr 2011 12:19
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11509

Actions (login required)

View Item View Item