Repository Universitas Andalas

Pemanfaatan Program Jamkesmas Pada Keluarga Miskin. ( Studi kasus: Sembilan Keluarga Miskin pengguna kartu Jamkesmas di Nagari Ampang Pulai Kabupaten Pesisir Selatan)

Rahmadanti, Rosi (2009) Pemanfaatan Program Jamkesmas Pada Keluarga Miskin. ( Studi kasus: Sembilan Keluarga Miskin pengguna kartu Jamkesmas di Nagari Ampang Pulai Kabupaten Pesisir Selatan). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Pemanfaatan Program Jamkesmas Pada Keluarga Miskin. ( Studi kasus: Sembilan Keluarga Miskin pengguna kartu Jamkesmas di Nagari Ampang Pulai Kabupaten Pesisir Selatan)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (537Kb) | Preview

Abstract

Program Jamkesmas sudah ada sejak tahun 2008 di Indonesia. Program ini bertujuan supaya masyarakat miskin mendapat pengobatan secara gratis ke sarana kesehatan. Nagari Ampang Pulai merupakan salah satu Nagari yang menjadi sasaran program Jakmkesmas di Kabupaten Pesisir Selatan. Di Nagari ini masyarakat miskin yang menggunakan kartu Jamkesmas dalam frekuensi pemanfaatannya rendah. Ini dapat di lihat dari frekuensi keluarga miskin yang berobat ke Puskesmas hanya ada sekitar 25% dan data Nagari Ampang Pulai. Dari selisih angka yang cukup besar antara masyarakat miskin yang mendapatkan kartu Jamkesmas dengan masyarakat miskin yang memanfaatkannya. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk membahas apa yang terjadi di lapangan yang berhubungan dengan pemanfaatan program Jamkesmas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan program Jamkesmas bagi keluarga miskin di Nagari Ampang Pulai. Serta mendeskripsikan pengetahuan dan pandangan keluarga miskin terhadap program tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 18 Apr 2011 12:13
Last Modified: 18 Apr 2011 12:13
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11522

Actions (login required)

View Item View Item