Repository Universitas Andalas

MEMPELAJARI KONDISI OPTIMUM KOMPOSISI MEDIUM Acetobacter xylinum DALAM PEMBUATAN NATA DE PACHY

Taufiq, Hadian (2008) MEMPELAJARI KONDISI OPTIMUM KOMPOSISI MEDIUM Acetobacter xylinum DALAM PEMBUATAN NATA DE PACHY. Other thesis, Fakultas MIPA.

[img]
Preview
PDF (MEMPELAJARI KONDISI OPTIMUM KOMPOSISI MEDIUM Acetobacter xylinum DALAM PEMBUATAN NATA DE PACHY) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (315Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang kondisi optimum komposisi medium Acetobacter xylinum dalam pembuatan nata de pachy. Analisis yang digunakan meliputi tingkat ketebalan, warna, rasa, penampakan serta tingkat kekenyalan dengan memvariasikan kosentrasi air bengkuang, kosentrasi penambahan sukrosa, kosentrasi penambahan Zwavelzuur Amonium (ZA) dan kosentrasi penambahan asam sitrat. Diperoleh kondisi optimum pembentukan nata untuk kosentrasi air bengkuang 30%, kosentrasi penambahan sukrosa 10 %, kosentrasi penambahan ZA 0.3% dan kosentrasi penambahan asam sitrat 1 %. Untuk ketebalan nata sangat dipengaruhi oleh kosentrasi air bengkuang dan kosentrasi sukros4 tingkat kekenyalan, penampakan dan warna dipengaruhi oleh semua parameter yang digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 18 Apr 2011 12:18
Last Modified: 11 Oct 2011 04:27
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11524

Actions (login required)

View Item View Item