Repository Universitas Andalas

PENETUAN ARAH KEBIJAKAN MITIGASI BENCANA BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT DI KECAMATAN BUNGUS TELUK KABUNG

Mansyur, Wahyudi (2008) PENETUAN ARAH KEBIJAKAN MITIGASI BENCANA BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT DI KECAMATAN BUNGUS TELUK KABUNG. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PENETUAN ARAH KEBIJAKAN MITIGASI BENCANA BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT DI KECAMATAN BUNGUS TELUK KABUNG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (719Kb) | Preview

Abstract

Permasalahan penanggulangan bencana di Kecamatan Bungus Teluk Kabung belum mendapat perhatian yang serius dari pihak-pihak yang terkait. Pada umumnya, penanggulangan bencana dilakukan pasca bencana. Padahal bila ditinjau lebih lanjut, aspek penanggulangan pra bencana berpengaruh langsung terhadap berbagai aktivitas kehidupan masyarakat. Penanggulangan pra bencana berbasis partisipasi masyarakat adalah salah satu cara dimana masyarakat dapat meningkatkan kapasitas mereka dalam menghadapi potensi bahaya dan kerentanan didaerah mereka. Hal itu disebabkan masyarakat lebih memahami potensi selain ancaman yang ada di daerah mereka. Dengan memaksimalkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana, diharapkan masyarakat dapat beraktifitas dengan tenang untuk memenuhi kebutuhan hidup ketika menghadapi bencana sehingga dapat mencegah dan mengurangi tingkat dampak yang ditimbulkan akibat bencana. Metodologi yang digunakan untuk menentukan arah mitigasi bencana berbasis partisipasi masyarakat di Kecamatan Bungus Teluk Kabung adalah dengan melakukan penerapan teknik-teknik pemahaman partisipatif kondisi daerah rawan bencana (PPKDRB) dengan metoda Partisipatory Rural Appraisal (PRA) berupa wawancara dan diskusi dengan berbagai pihak dan masyarakat yang berada pada daerah rawan bencana. Dari penelitian dilapangan diperoleh beberapa kegiatan yang dapat dilakuksan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana di Kecamaran Bungus Teluk Kabung. Kegiatan yang sangat penting menurut masyarakat adalah pembangunan proyek pengendali bencana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 12:18
Last Modified: 10 Oct 2011 03:17
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11529

Actions (login required)

View Item View Item