Repository Universitas Andalas

STUDI PERBANDINGAN DISAIN STRUKTUR JEMBATAN BETON BERTULANG DENGAN BAJA KOMPOSIT PADA BEBERAPA PANJANG BENTANG

Erson, Razez Nugraha (2008) STUDI PERBANDINGAN DISAIN STRUKTUR JEMBATAN BETON BERTULANG DENGAN BAJA KOMPOSIT PADA BEBERAPA PANJANG BENTANG. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (STUDI PERBANDINGAN DISAIN STRUKTUR JEMBATAN BETON BERTULANG DENGAN BAJA KOMPOSIT PADA BEBERAPA PANJANG BENTANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (658Kb) | Preview

Abstract

Banyak berkembangnya alternatif jenis konstruksi jembatan menuntut setiap perencana untuk memilih jenis struktur yang tepat dan ekonomis dalam merencanakan struktur jembatan berdasarkan panjang bentang jembatan yang akan dibangun. Untuk itu dicoba dibandingkan dua jenis struktur yang biasa digunakan yaitu strukur beton bertulang dan struktur baja komposit pada beberapa bentang. Perencanaan elemen-elemen struktur pada struktur jembatan beton bertulang mengacu pada Draft Tata Cara Perhitungan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung. Sedangkan untuk struktur baja komposit mengacu pada Draft Tata Cara Perhitungan Struktur Baja untuk Bangunan Gedung. Beban-beban yang ditinjau untuk perencanaan mengacu pada pedoman peraturan pembebanan jalan raya SKBI 1987. Dari desain kedua jenis struktur diatas diperoleh dimensi gelagar, diafragma untuk masing-masing jenis struktur. Kemudian dibandingkan rencana anggaran biaya, berat struktur, dan kapasitas penampang nominalnya terhadap tiap-tiap panjang bentang jembatan yang ditinjau. Perbandingan kedua tipe struktur tersebut menunjukkan struktur beton bertulang lebih ekonomis, lebih berat, dan memiliki kapasitas momen yang lebih besar dibandingkan struktur baja komposit untuk setiap panjang bentang yang ditinjau.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 12:13
Last Modified: 04 Oct 2011 02:56
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11532

Actions (login required)

View Item View Item