Repository Universitas Andalas

OPTIMALISASI KOMPOSISI MEDIUM PERTUMBUHAN Acetobacter xylinum DALAM PEMBUATAN NATA DE CUCUMIS

Mayasari, Rika (2008) OPTIMALISASI KOMPOSISI MEDIUM PERTUMBUHAN Acetobacter xylinum DALAM PEMBUATAN NATA DE CUCUMIS. Other thesis, Fakultas MIPA.

[img]
Preview
PDF (OPTIMALISASI KOMPOSISI MEDIUM PERTUMBUHAN Acetobacter xylinum DALAM PEMBUATAN NATA DE CUCUMIS) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (302Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai optimalisasi komposisi medium pertumbuhan Acetabacter xylinum dalam pembuatan nata de cucumis. Penelitian ini menggunakan buah mentimun sebagai bahan pembuatan medium pertumbuhan bakteri Acetobacter xylinum dengan metoda fermentasi aerob. Kondisi optimum media didapatkan dengan menggunakan beberapa parameter yaitu variasi konsentrasi mentimun, gula, ZA, dan asam asetat. Untuk menganalisis nata yang diperoleh maka dilakukan pengukuran ketebalan dan uji organoleptik yang meliputi kekenyalan, warna, dan tekstur kepada 20 orang panelis. Kondisi optimum yang didapatkan dari semua variasi konsentrasi adalah mentimun 300 g, gula 20%, ZA 0,5%, dan asam asetat 1,0%. Ketebalan maksimum nata yang dihasilkan yaitu 0,9 cm untuk mentimun 300 g, 1,37 cm untuk gula 20%, 1,2 cm untuk ZA 0,5%, dan 1,33 cm untuk asam asetat 1,0%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 18 Apr 2011 12:13
Last Modified: 12 Oct 2011 07:20
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11534

Actions (login required)

View Item View Item