Repository Universitas Andalas

ANALISIS STABILITAS DAN PENURUNAN TIMBUNAN PADA TANAH LUNAK DENGAN DAN TANPA VERTIKAL DRAIN

Magdalena, Elvina (2008) ANALISIS STABILITAS DAN PENURUNAN TIMBUNAN PADA TANAH LUNAK DENGAN DAN TANPA VERTIKAL DRAIN. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS STABILITAS DAN PENURUNAN TIMBUNAN PADA TANAH LUNAK DENGAN DAN TANPA VERTIKAL DRAIN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (560Kb) | Preview

Abstract

Dalam perencanaan pembangunan jalan di atas tanah lunak masalah timbunan adalah masalah yang sering dihadapi. Masalah yang paling mendasar adalah stabilitas lereng timbunan. Dan masalah lain yang perlu diperhitungkan adalah masalah penurunan (settlement) pada timbunan akibat konsolidasi. Sehingga terjadi kelongsoran di ruas-ruas jalan di atas tanah lunak Oleh karena itu diperlukan analisis untuk mengetahui stabilitas dan penurunan yang akan terjadi, sehingga bisa dianalisis pengaruhnya terhadap keadaan sekitar. Dalam skripsi ini digunakan metode elemen hingga untuk menganalisa konstruksinya. Metoda elemen hingga yang digunakan adalah dengan bantuan software Plaxis versi 8.2 Penimbunan yang dilakukan di atas tanah lunak akan mengakibatkan penurunan ang cukup besar karena konsolidasi. Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan perkuatan tanah dasar. Pada tugas akhir ini, perkuatan tanah yang digunakan adalah menggunukan vertikal drain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 09:37
Last Modified: 05 Oct 2011 07:00
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11543

Actions (login required)

View Item View Item