Repository Universitas Andalas

Dampak Tingkat Pendidikan Orang Tua, Jumlah Anggota Keluarga dan Pendapatan Orang Tua Terhadep Prestasi Belajar Siswa Pada SMA Negeri 9 Padang

Idrawati, Idrawati (2008) Dampak Tingkat Pendidikan Orang Tua, Jumlah Anggota Keluarga dan Pendapatan Orang Tua Terhadep Prestasi Belajar Siswa Pada SMA Negeri 9 Padang. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Dampak Tingkat Pendidikan Orang Tua, Jumlah Anggota Keluarga dan Pendapatan Orang Tua Terhadep Prestasi Belajar Siswa Pada SMA Negeri 9 Padang) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (677Kb) | Preview

Abstract

Rendahnya nilai-nilai ini disebabkan dari beberapa faktor intern dan ekstern. Faktor intern berasal dari dalam diri anak-anak itu sendiri, sedangkan faktor eksternal berasal dari luar diri anak-anak tersebut. Penelitian ini dilakukan adalah untuk mendeskripsikan dampak tingkat pendidikan orang tua, jumlah anggota keluarga dan pendapatan orang tua siswa terhadap pestasi belaar siswa. Penelitian ini akan dilakukan di SMA Negeri 9 Padang pada siswa kelas XI dan XII pada tahun ajaran 2007/2008. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Variabell yang diteliti adalah Tingkat Pendidikan, Jumlah Anggota Keluarga, dan Pendapatan serta prestari belajar siswa yang diperoleh dari nilai rata-rata rapor mata pelajaran yang di UN (Ujian Nasiona| kan. Pada kelompok IPA (Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia). IPS (ekonomi, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia) dan Untuk anak kelas X adalah Mata pelajaran Ekonomi, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Matematika. Berdasarkan hasil temuan empiris penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan orang tua dan pendapatan orang tua berpengaruh secara signifikan dan positif, sedangkan anggota keluarga yang menjadi tanggungan orang tua berpengaruh secara signifikan dan negatif terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 9 Padang. Kemudian variabel-veriabel tersebut memberikan dampak yang cukup besar terhadap prestasi belajar siswa yang juga dipengaruhi oleh faktor- faktor lain. Berdasarkan hasil empiris lapangan ini ternyata jika dilihat lebih mendalam dengan indept interview terhadap beberapa siswa yang memiliki prestasi baik tetapi berasal dari keluarga yang sederhana maka diperoleh hasil yang berbanding terbalik dengan kata lain tingginya tingkat pendidikan orang tua, banyaknya jumlah tanggungan keluarga dan besarnya pendapatan orang tua belum sepenuhnya dapat memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Dampak dari variabel diatas hanyalah faktor yang berasal dari luar diri siswa, tetapi perlu adanya keseimbangan antara orang tua dan guru di sekolah dalam membimbing anak dengan memberikan waktu dan pengeluaran pendidikan yang lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Apr 2011 09:35
Last Modified: 04 Oct 2011 03:55
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11563

Actions (login required)

View Item View Item