Repository Universitas Andalas

Penerapan PSAK No.34 dalam Penetapan Laba Proyek (Studi Kasus pada PT. Duta Konstruksi Reality)

Hamdani, Dedi (2008) Penerapan PSAK No.34 dalam Penetapan Laba Proyek (Studi Kasus pada PT. Duta Konstruksi Reality). Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Penerapan PSAK No.34 dalam Penetapan Laba Proyek (Studi Kasus pada PT. Duta Konstruksi Reality)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (441Kb) | Preview

Abstract

Perusahaan yang bidang usahanya melaksanakan pekerjaan kontrak konstruksi dalam jangka panjang_dan jangka pendek akan menghadapi permasalahan dalam pengakuan pencapaian.-oi dalam PSAK No. 34 terdapat dua metode,pengakuan pendapatan'yaitu, metooe persentase penyelesaian dan metode kontrak selesai. PT. Duta Konstruksi Reality merupakan salah satu perusahaan jasa konstruksi. Perusahaan ini belum menerapkan metode pengakuan pendapatan yang sesuai dengan PSAK No. 34, dimana perusahaan menerapkan p6ngakuan tertradap pendapatan untuk keduajenis kontrak pada saat pekerjaan selesai Oan pembeoinan biaya belum tepat. Sesuai dengan PSAK No. 34 untuk kontrak jangka panjang menggunakan metode persentase penyelesaian sedangkan untuk kontrak jangka pendek menggunakan metode kontrak selesai. Dengan metode persentase penyelesaian, pendapatan dan laba diakui tiap periode berdasartan persentase pekerjaan yang telah selesai dan metode kontrak selesai pencapaian dan laba diakui pada saat proyek selesai dikerjakan. Jadi dengan menerapkan kedua metode pengakuan pendapatan tersebut, laporan keuangan tiap proyek- dari PT. Duta Konstruksi Reality menghasilkan informasi yang handal dan sesuai dengin Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku umum khususnya PSAK No.34.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 19 Apr 2011 02:15
Last Modified: 04 Oct 2011 03:40
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11585

Actions (login required)

View Item View Item