Repository Universitas Andalas

Kebijakan Pemerintah Kota Padang Untuk Menciptakan Efisiensi Anggaran Belanja Pegawai Tahun Anggaran 2006 ( Studi : Bappeda Kota Padang )

Rustam, Rika (2009) Kebijakan Pemerintah Kota Padang Untuk Menciptakan Efisiensi Anggaran Belanja Pegawai Tahun Anggaran 2006 ( Studi : Bappeda Kota Padang ). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Kebijakan Pemerintah Kota Padang Untuk Menciptakan Efisiensi Anggaran Belanja Pegawai Tahun Anggaran 2006 ( Studi : Bappeda Kota Padang )) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (402Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul " Kebijakan Pemerintah Kota Padang Untuk Menciptakan Efisiensi Anggaran Belanja Pegawai Tahun Anggaran 2006 ( Studi : Bappeda Kota Padang ). Adapun latar belakang dari penulisan ini adalah adanya gagasan penataan kembali sistem otonomi daerah yang bertolak belakang dari pemikiran untuk menjamin terjadinya efisiensi, efektivitas, transparansi, akuntabilitas, dan demokratisasi nilai-nilai kerakyatan dalam praktik pemerintah daerah. Semenjak dikeluarkannya Undang-Undang tentang Pemerintahan Daerah, maka sejak itu pula pemerintah pusat memberikan sebagian kewenangannya kepada pemerintah daerah, termasuk juga kewenangan dalam hal pengelolaan keuangan daerah. Pengelolaan keuangan daerah ini menyangkut 2 ( dua ) aspek, yaitu aspek penerimaan dan aspek pengeluaran atau belanja daerah. Dari segi belanja daerah, pemerintah daerah dituntut unhrk bisa menciptakan efisiensi sehingga pengeluarannya dapat ditekan, dan kelebihannya dapat dimanfaatkan kepada hal-hal yang lebih bermanfaat. Kota Padang yang juga mendapat otoritas kewenangan dari pusat juga dituntut untuk dapat menciptakan efisiensi dari segi belanja daerahnya. Untuk menciptakan efisiensi tersebut, Pemerintah Kota Padang menyarankan pada setiap SKPD ( dalam hal ini termasuk Bappeda Kota Padang ) untuk membuat kebijakan dalam menciptakan efisiensi anggarun belanja daerah, khususnya anggaran belanja pegawai. Anggaran belanja pegawai merupakan salah satu pengeluaran terbesar Kota Padang saat ini, sementara pendapatan daerah yang diperoleh sangatlah kecil karena Kota Padang sangat sedikit sekali mempunyai Sumber Daya Alam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:55
Last Modified: 19 Apr 2011 08:55
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11593

Actions (login required)

View Item View Item