Repository Universitas Andalas

Makna Barongsai Pada Perayaan Pesta Perkawinan" (Studi Kasus: Etnik Cina di Kelurahan Kampung Pondok Kecamatan Padang Barat)

MUHARMI, LAILA (2010) Makna Barongsai Pada Perayaan Pesta Perkawinan" (Studi Kasus: Etnik Cina di Kelurahan Kampung Pondok Kecamatan Padang Barat). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Makna Barongsai Pada Perayaan Pesta Perkawinan" (Studi Kasus: Etnik Cina di Kelurahan Kampung Pondok Kecamatan Padang Barat)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (605Kb) | Preview

Abstract

Barongsai adalah tarian tradisional Tiongkok dengan menggunakan sarung yang menyerupai singa karena singa dipercaya sebagai lambang kebahagiaan dan kesenangan, sehingga Barongsai umumnya diadakan pada berbagai acara penting termasuk pada peray´┐Żlan pesta perkawinan bagi etnik Cina. Perkawinan merupakan suatu peristiwa yang penting dalam hidup, oleh sebab itu bagi masyarakat Cina yang mampu pesta perkawinannya biasanya dimeriahkan dengan permainan Barongsai yang meliputi tiga jenis permainan yaitu : permainan yang diundang oleh pihak laki-laki, permainan yang diundang oleh pihak percmpuan, serta permainan yang diundang oleh kedua-belah pihak (Pak Lin Hou Hap). Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana perkembangan Barongsai di Kota Padang serta bagaimana makna yang terkandung dalam permainan Barongsai yang diadakan dalam perayaan pesta perkawinan. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perkembangan Barongsai di Kota Padang dan mendeskripsikan makna yang terkandung dalam permainan Barongsai yang dilakukan pada perayaan pesta perkawinan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:54
Last Modified: 19 Apr 2011 08:54
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11604

Actions (login required)

View Item View Item