Repository Universitas Andalas

PILKADA DAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT (STUDI TENTANG PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN HAK PILIHNYA PADA PILKADA KABUPATEN DHARMASRAYA TAHUN 2005)

Safrudin, Safrudin (2008) PILKADA DAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT (STUDI TENTANG PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN HAK PILIHNYA PADA PILKADA KABUPATEN DHARMASRAYA TAHUN 2005). Masters thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
PDF (PILKADA DAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT (STUDI TENTANG PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN HAK PILIHNYA PADA PILKADA KABUPATEN DHARMASRAYA TAHUN 2005)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (691Kb) | Preview

Abstract

Pemilihan umum merupakan indikator dinamisnya demokratisasi suatu Negara Tahapan demokrasi bangsa Indonesia kembali diuji dengan momentum pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara langsung yang telah berlangsung sejak 2005. Meskipun sebagian masyarakat masih skeptis dengan pilkada langsung ini terutama ketidaksiapan materi dan infrastruktur, namun demikian momentum pilkada idealnya dijadikan sebagai proses penguatan demokratisasi dan pilkada langsung sebenarnya berpeluang untuk melakukan pematangan dan penyadaran berdemokrasi, tapi partisipasi politik masyarakat pada pilkada cenderung menurun. Kecenderungan menurunnya angka partisipasi politik masyarakat dalam pilkada dapat dilihat dari pelaksanaan beberapa pilkada terakhir, dimana rata-rata tingkat partisipasi politik masyarakat pada pilkada secara nasional yang berlangsung Juni sampai dengan Juli 2005 dengan total 167 pilkada adalah 73.14%, yang berarti angka golputnya sebesar 26.86% (Desk Pilkada Depdagri, 2005), sementara tingkat partisipasi masyarakat dalam pilkada Kabupaten Dharmasraya Tahun 2005, sebesar 72.23%), yang berarti angka non votenya berjumlah sekitar 27 %. Berdasarkan hal itu maka penulis ingin mengetahui dan melakukan Studi tentang Partisipasi Politik Masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Kabupaten Dharmasraya tahun 2005.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:53
Last Modified: 07 Oct 2011 03:58
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11610

Actions (login required)

View Item View Item