Repository Universitas Andalas

FOTOTRANSFORMASI FRAKSI ZAT WARNA BUAH SAGO (Adenanthera pavonina. L) DALAM BENTUK MOLEKULER PADA lambda 254 nm

Desti, Juni (2008) FOTOTRANSFORMASI FRAKSI ZAT WARNA BUAH SAGO (Adenanthera pavonina. L) DALAM BENTUK MOLEKULER PADA lambda 254 nm. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (FOTOTRANSFORMASI FRAKSI ZAT WARNA BUAH SAGO (Adenanthera pavonina. L) DALAM BENTUK MOLEKULER PADA lambda 254 nm) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (529Kb) | Preview

Abstract

Zat warna ada yang diperoleh secara alami dan secara sintetik. Pada saat ini telah banyak zat warna sintetik yang dapat dibuat, akan tetapi zat warna sintetik ini pada jumlah tertentu dapat memberikan pengaruh yang kurang baik terhadap kesehatan manusia. Maka untuk itu perlu dikembangkan zat warna alami yang tingkat toksisitasnya lebih rendah. Beberapa zat warna alami sudah banyak diteliti. Salah satu zat alam yang belum termanfaatkan saat ini adalah biji buah sago. Biji buah sago ini merupakan biji yang berwarna merah terang sehingga dapat digunakan sebagai pewarna alami. Berdasarkan hal itu maka dilakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengekstrak pigmen dari biji buah sago dan mengetahui kestabilan dari fraksi zat warna buah sago dalam bentuk molekuler terhadap penyinaran dengan menggunakan lampu uap raksa yang mengemisikan sinar UV pada panjang gelombang 254 nm. Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Elektrokimia / Fotokimia Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas. Bahan - bahan yang digunakan dalam penelitian untuk mengekstrak dan menguji kestabilan fraksi zat warna buah sago yang larut dalam air adalah buah sago, aquades, natrium karbonat, natrium hidroksida, aseton, n-heksan4 asam oksalat, uranil asetat, kalium permanganat, asam sulfat, asam klorida dan etil asetat. Penelitian terhadap kestabilan fraksi zat warna buah sago dalam bentuk molekuler yang dilarutkan dalam air dengan menggunakan lampu uap raksa yang mengemisikan sinar UV pada panjang gelombang 254nm, dengan analisa spektrofotometr UV-Vis. Fraksi zat warna buah sago memiliki pKa = 9,6 pada kondisi ini fraksi zat warna buah sago yang larut dalam air berada pada kondisi 50 % bentuk ionik dan 50 % bentuk molekuler. Fraksi zat warna buah sago pada keadaan awal memiliki pH = 5 dengan persen transformasi pada penyinaran selama 120 menit dengan lampu uap raksa tekanan rendah lambda 254 nm adalah 8,114 % .Dari hasil penelitian juga diperoleh persen transformasi fraksi zat warna buah sago 100 % dalam bentuk molekuler pada pH = 3 yang disinari dengan lampu uap raksa tekanan rendah lambda 254 nm selama 120 menit adalah 6,431 %. Fraksi zat warna buah sago 100 % bentuk molekuler pada pH = 3 lebih stabil dibandingkan dalam bentuk molekuler sebagian pada pH = 5.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:53
Last Modified: 03 Oct 2011 09:15
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11612

Actions (login required)

View Item View Item