Repository Universitas Andalas

NEMATODA USUS YANG PENULARANNYA MELALUI TANAH PADA MURID SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN LUBUK ALUNG DAN BATANG ANAI

Alwi, Azwir (2008) NEMATODA USUS YANG PENULARANNYA MELALUI TANAH PADA MURID SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN LUBUK ALUNG DAN BATANG ANAI. Masters thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
PDF (NEMATODA USUS YANG PENULARANNYA MELALUI TANAH PADA MURID SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN LUBUK ALUNG DAN BATANG ANAI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (680Kb) | Preview

Abstract

Rendahnya pendidikan masyarakat, kurangnya kebersihan diri dan lingku- ngan, serta keadaan sosial-ekonomi akan mendukung penularan penyakit parasit terutama penyakit cacing. Umumnya masyarakat miskin membuang tinja di sembarang tempat baik di permukaan tanah, di sungai, parit, dan pematang sawah, hal ini terjadi karena mereka belum memiliki jamban sehingga lingkungan sekitar mereka tercemar. Cacing-cacing parasit yang ditularkan melalui tanah (Soil- Transmitted Helminth) banyak ditemui di daerah kumuh yang padat penduduknya. Di daerah Desa pantai umumnya penduduk mepunyai kebiasaan membuang kotoran dan sampah di tepi pantai dan di sekitar halaman rumah. Anak-anak lebih mudah terserang penyakit cacingan dibandingkan orang dewasa, karena anak-anak suka bermain di tanah. Anak-anak di daerah Kota, Desa dan Desa pantai mempunyai perbedaan kebiasaan dalam beberapa hal seperti, kebiasaan buang air besar, kebiasaan sebelum makan, dan kebiasaan memakai alas kaki sewaktu bermain, sehingga besar kecilnya infeksi cacing juga berbeda. Kecamatan Lubuk Alung dan Batang Anai terdapat beberapa daerah Kota, Desa dan Desa pantai, dimana dari hasil pengumpulan data dari tiga puskesmas didapatkan banyak anak-anak yang terinfeksi cacing, baik di derah Kota, Desa maupun Desa pantai. Berdasarkan hal di atas dilakukan penelitian tentang nematoda usus yang penularannya melalui tanah pada murid sekolah Dasar di Kecamatan Lubuk Alung dan Batang Anai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: l). jenis-jenis cacing Namatoda usus yang terdapat pada murid sekolah Dasar di daerah Kota, Desa dan Desa pantai di Kecamatan Lubuk Alung dan Batang Anai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QL Zoology
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Biologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:49
Last Modified: 05 Oct 2011 06:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11645

Actions (login required)

View Item View Item