Repository Universitas Andalas

Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Nagari di Kabupaten Pasaman Barat (Studi Kasus; Struktur dan Fungsi Serta Problematika Pemerintahan Nagari di Daerah yang Didominasi Masyarakat Batak Mandailing)

Matua, Reski (2008) Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Nagari di Kabupaten Pasaman Barat (Studi Kasus; Struktur dan Fungsi Serta Problematika Pemerintahan Nagari di Daerah yang Didominasi Masyarakat Batak Mandailing). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Nagari di Kabupaten Pasaman Barat (Studi Kasus; Struktur dan Fungsi Serta Problematika Pemerintahan Nagari di Daerah yang Didominasi Masyarakat Batak Mandailing)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (450Kb) | Preview

Abstract

Sistem Pemerintahan Nagari adalah sebuah system pemerintahan modern yang dibangun di atas basis sosial budaya tradisional, dalam hal ini Budaya Minangkabau. Sistem Pemerintahan Nagari merupakan bentuk pemerintahan yang berlaku di Sumatera Barat yang mayoritas penduduknya adalah Masyarakat Minangkabau, namun dalam plaksanaanya ada beberapa nagari yang penduduknya berasal dari Suku Bangsa Non Minangkabau, diantaranya Suku Bangsa Batak Mandailing dan Jawa. Dengan adanya perbedaan budaya, tentu pelaksanaan Sistem Pemerintahan Nagari mengalami berbagai problematika. Oleh karena itu satu upaya yang dapat dilakukan untuk melihat problematika itu adalah dengan melakukan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif, Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancarq observasi, dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yaitu dipilih berdasarkan kriteria yang sengaja ditentukan dengan memperhatikan permasalahan serta tujuan penelitian. Analis data dilakukan dengan teknik penjodohan pola. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber data.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:49
Last Modified: 19 Apr 2011 08:49
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11651

Actions (login required)

View Item View Item