Repository Universitas Andalas

Bahasa Sopir Angkot Dalam Kajian Antropologi Linguistik Terhadap Komunitas Sopir Angkot Labor-Ps Raya Kota Padang

M, Hengki (2008) Bahasa Sopir Angkot Dalam Kajian Antropologi Linguistik Terhadap Komunitas Sopir Angkot Labor-Ps Raya Kota Padang. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Bahasa Sopir Angkot Dalam Kajian Antropologi Linguistik Terhadap Komunitas Sopir Angkot Labor-Ps Raya Kota Padang) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (631Kb) | Preview

Abstract

Bahasa merupakan sarana dalam berkomunikasi dalam berupa langue dan parole yang bertujuan untuk menyampaikan pesan-pesan kepada lawan tutur sehingga bahasa tidak hanya dipahami dan disepakati dikalangan individu dan juga masyarakat. Penggunaan bahasa caruik merupakan salah satu bentuk kata kasar dikalangan masyarakat Minangkabau. Kata-kata caruik dalam masyarakat Minangkabau merupakan suatu kata tabu atau sumpah serapah yang tidak layak digunakan dalam pergaulan sehari-hari, narnun penggunaan bahasa caruik tersebut sangat berkembang dikalangan sopir angkot. Mereka secara tidak sadar telah mebentuk komunitas penggunaan caruik sehingga mampu mempersatukan mereka sesama sopir angkot. Permasalahan dari skripsi ini Bagaimana bahasa sopir angkot kota Padang khususnya angkot jurusan Labor-Ps raya pengujar kata-kata caruik, apa saja pengklasifikasian bentuk makna ujaran caruik dan pola penggunaanya antara sopir angkot di PO Tulalit dan PO Mc Claren jalan Gajah VI Labor Padang.Tujuan penelitian ini adalah mengidentifrkasi bahasa sopir angkot kota Padang dan menganalisis makna dari bahasa oleh sopir angkot (angkot Labor- Ps.Raya).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:48
Last Modified: 19 Apr 2011 08:48
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11661

Actions (login required)

View Item View Item