Repository Universitas Andalas

TANGGUNG JAWAB SEKUTU-SEKUTU PADA PERSEROAN KOMANDITER SEBAGAI SALAH SATU BENTUK PERUSAHAAN

Susanti, Nova (2008) TANGGUNG JAWAB SEKUTU-SEKUTU PADA PERSEROAN KOMANDITER SEBAGAI SALAH SATU BENTUK PERUSAHAAN. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (TANGGUNG JAWAB SEKUTU-SEKUTU PADA PERSEROAN KOMANDITER SEBAGAI SALAH SATU BENTUK PERUSAHAAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (346Kb) | Preview

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan perdagangan ditanah air, maka banyaklah berdiri perusahaan yang bergerak dalam berbagai bidang, baik itu perusahaan milik negara maupun badan usaha milik swasta, yang salah satunya adalah Perseroan Komanditer (CV). Perseroan Komanditer memiliki 2 macam sekutu yaitu komanditer dan komplementer. Sekutu komplementer adalah sekutu yang mengelola perusahaan, ia bertanggung jawab sepenuhnya terhadap pihak ketiga. Sedangkan sekutu komanditer yaitu sekutu yang memasukkan uang atau barang kepada perseroan. Dalam melakukan wewenang dan tanggung jawabnya masing-masing sekutu mempunyai tanggung jawab yang berbeda, namun hal ini belum ada aturan yang jelas mengaturnya. Pada perseroan komanditer kadangkala hanya memiliki satu orang komplementer dan langsung merangkap menjadi komanditer, namun ada pula yang telah terpisah antara sekutu komanditer dengan sekutu komplementernya. Dengan tidak adanya pembatasan hukum yang konkrit maka sering ditemui kekeliruan dalam memberikan pertanggung jawaban terhadap perbuatan hukum yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:45
Last Modified: 04 Oct 2011 06:02
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11689

Actions (login required)

View Item View Item